Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini 4 Tanda Anda Sudah Jenuh dengan Medsos dan Perlu Istirahat

Kompas.com - 04/12/2020, 17:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekitar 3,96 miliar orang di dunia menggunakan media sosial dengan rata-rata penggunaan 144 menit setiap harinya.

Lamanya penggunaan media sosial ini dikarenakan unggahan yang memikat pengakses dan membuat mereka tetap kecanduan berselancar di media sosial.

Dilansir Insider (17/11/2020), besarnya muatan informasi di media sosial, seperti berita kenaikan kasus virus corona di dunia, kriminalitas, politik, dan lainnya secara tidak langsung membuat pembacanya menjadi jenuh.

Kendati demikian, sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara beristirahat dari media sosial.

Baca juga: Sempat Error, Bagaimana Awal Mula WhatsApp Diluncurkan?

Berikut 4 tanda seseorang harus beristirahat dari media sosial:

1. Bersosial media tidak menyenangkan lagi

Situs media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dimaksudkan sebagai cara yang menyenangkan dan untuk terhubung dengan keluarga dan teman.

Namun, jika Anda sudah merasakan bahwa hal itu bukan lagi sumber kegembiraan dan koneksi dalam hidup Anda, maka dimungkinkan itu termasuk tanda untuk beristirahat dari media sosial.

2. Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain

Seorang pelatih dan pembawa acara podcast yang didedikasikan untuk menumbuhkan keberanian untuk Black, Inigenous, Women of Color (BIWOC), Katara McCarty mengungkapkan, jika Anda merasa tidak cukup baik, cukup cantik, atau cukup sukses saat mengonsumsi apa yang ada di media sosial, maka Anda harus mempertimbangkan untuk beristirahat dari medsos.

"Jika Anda menemukan bahwa Anda merasa lebih buruk tentang diri Anda sendiri setelah bermedsos, maka itu bukanlah sumber daya yang menambah kesejahteraan emosional Anda," ujar McCarty.

Baca juga: Viral soal Balap Lari Liar di Medsos, Apa yang Terjadi?

3. Anda melakukan doomscrolling

Doomscrolling terjadi ketika Anda menemukan diri Anda tanpa pikiran, dan terus menerus menggulirkan layar ponsel untuk mengecek situs media sosial.

Selain itu, Anda mungkin merasa kudet jika tidak mengecek atau memperbarui informasi di media sosial. Anda harus mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia.

Bahkan, tindakan ini menyebabkan Anda tidak menyedari bahwa Anda sedang melakukannya dalam selang waktu yang lama dan masih pada posisi yang sama.

Baca juga: Kisah di Balik APD Fashionable yang Viral di Medsos...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com