Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Rapid Test Antigen Disebutkan Gagal Mendeteksi Orang Tanpa Gejala Covid-19...

Kompas.com - 10/11/2020, 07:30 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penelitian mengenai Covid-19 terus dilakukan oleh para peneliti dari seluruh dunia. Salah satunya dilakukan di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat.

Dikutip The New York Times, 2 November 2020, Departemen Kesehatan Louisiana mengatakan dalam panduannya bahwa tes cepat atau rapid test antigen tidak disarankan untuk orang tanpa gejala yang belum pernah terpapar oleh pasien Covid-19 dan mereka yang menjalaninya harus diberitahu tentang batasannya.

Tes antigen seperti tes BinaxNOW dari Abbott Laboratories yang mencari tanda protein virus mungkin melewatkan beberapa infeksi seperti Covid-19. Rapid test itu dapat memberikan hasil positif secara tidak benar.

Baca juga: Survei Tunjukkan Banyak Orang Belum Paham OTG, Simak Penjelasannya...

Sebelumnya diketahui bahwa Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menghabiskan 750 juta dollar untuk membeli tes dari Abbott dan digunakan di Gedung Putih.

Penasihat senior di Dewan Epidemiologi Negara dan Teritorial Jeff Engel mengatakan pihaknya khawatir bahwa orang tanpa gejala harus diskrining dengan tes reaksi berantai polimerase yang lebih mahal tetapi lebih dapat diandalkan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS juga mengeluarkan peringatan tentang tes antigen, pada Selasa (3/11/2020), bahwa tes tersebut dapat menghasilkan hasil positif palsu atau salah.

Baca juga: Mengenal 9 Kandidat Vaksin Virus Corona

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com