Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Sosok Jill Biden dan Perannya di Balik Kemenangan Joe Biden

Kompas.com - 08/11/2020, 19:15 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Joe Biden dipastikan melenggang ke Gedung Putih menjadi Presiden AS ke-46 menggantikan Donald Trump dengan 290 suara elektoral.

Dia telah melewati angka "keramat", yaitu 270 suara elektoral sehingga mengalahkan lawannya Donald Trump.

Dikutip Kompas.com, Minggu (8/11/2020), kemenangan capresdari Partai Demokrat itu diberitakan oleh media-media ternama AS seperti CNN, NBC News, dan CBS News.

Di tengah euforia kemenangan Joe Biden-Kamala Harris, muncul juga nama Jill Biden. Siapa dia? 

Sosok Jill Biden

Dr Jill Biden atau Jill Tracy Jacobs adalah istri kedua Joe Biden. Istri pertama Joe, Neilia Hunter meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan pada 1972.

Jill lahir pada bulan Juni 1951 di negara bagian New Jersey, AS. Jill merupakan anak tertua dari lima bersaudara. Dia besar di Willow Grove di pinggiran Philadelphia.

Baca juga: Melania Trump atau Jill Biden, Siapa Ibu Negara AS Berikutnya?

Dikutip BBC, Sabtu (7/11/2020), pasangan Joe dan Jill menikah di New York pada 1977. Putri mereka bernama Ashley, lahir pada 1981. Nyonya Biden menceritakan Joe melamarnya hingga 5 kali sebelum dia menerimanya.

"Dia sembilan tahun lebih tua dariku! Tapi kami pergi menonton A Man and a Woman di bioskop di Philadelphia, dan kami benar-benar cocok," katanya kepada Vogue tentang kencan pertama mereka.

Dikutip Channel News Asia, Minggu (8/11/2020), Jill sedang dalam proses menceraikan suami pertamanya ketika dia bertemu Biden.

Sementara itu Biden tengah mengalami masa-masa buruk karena kecelakaan yang menewaskan istrinya mengharuskan dia membesarkan kedua putranya yang masih kecil sendirian.

Saat itu dia tengah menjabat sebagai senator AS dan pulang-pergi setiap hari dari Delaware ke Washington.

Bekerja sebagai guru

Masih dari BBC, Jill telah menghabiskan puluhan tahun bekerja sebagai guru. Selain gelar sarjana, dia memiliki dua gelar master dan gelar doktor pendidikan dari University of Delaware pada 2007.

Sebelum pindah ke Washington DC, dia mengajar di community college, sebuah sekolah menengah umum dan di rumah sakit jiwa untuk remaja.

Dia mengajar bahasa Inggris dari 1991 hingga 1993 di Delaware's Brandywine High School.

Ketika suaminya menjabat sebagai wakil presiden, nyonya Biden adalah profesor bahasa Inggris di Northern Virginia Community College.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com