Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kasus Earphone Wireless Jatuh ke Lintasan Kereta di Jepang Jadi Perhatian...

Kompas.com - 07/11/2020, 16:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Jihad Akbar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi andalan bagi sejumlah orang, tak terkecuali masyarakat di Jepang.

Moda transportasi berbasis pada rel ini dipilih untuk menunjang mobilitas masyarakat pergi ke tempat kerja, luar kota, dan berbagai tempat yang lain.

Namun, saat masyarakat menunggu kereta api datang atau saat keluar masuk gerbong, sering kali ada barang bawaan yang tanpa sengaja terjatuh dan masuk ke lintasan di bawah peron.

Dikutip dari Japan Times, Kamis (4/11/2020), earphone wireless atau nirkabel yang terjatuh ke lintasan kereta saat ini menjadi perhatian perusahaan kereta di Jepang. 

Benda tersebut biasanya terjatuh saat penumpang memperbaiki posisi tali masker yang digunakan.

Karena posisi yang dalam dan ada kereta yang menutup di atasnya, maka sulit bagi penumpang untuk bisa mengambilnya kembali.

Baca juga: Daftar Kereta Api Jarak Jauh yang Beroperasi November-Desember 2020

Saking banyaknya kejadian benda jatuh ke lintasan, pihak perusahaan kereta di Jepang bahkan memiliki alat khusus untuk mengambilnya dan membersihkan jalur kereta.

Selama ini, petugas kereta menggunakan alat khusus untuk mengumpulkan benda-benda yang jatuh ke rel, sehingga tidak perlu turun dan memungutnya satu per satu.

Namun, alat itu tidak efektif digunakan untuk mengambil earphone nirkabel yang memiliki ukuran kecil, sehingga terkadang membuatnya jatuh terselip di antara kerikil jalur kereta.

Petugas pun harus menunggu jadwal kereta terakhir di tengah malam untuk bisa turun ke lokasi secara langsung dan mengambil earphone yang terjatuh.

Selain itu, petugas sudah mencoba mengambil earphone dengan berbagai alat buatan sendiri, misalnya dengan tongkat yang ujungnya ditempeli isolasi, serta alat penyedot debu.

Namun, upaya tersebut kurang maksimal dan dinilai sangat membebani petugas, karena jumlah earphone yang terjatuh tidak sedikit.

Diberitakan NHK,2 November 2020, East Japan Railway Co. atau JR East menyebut ada sekitar 950 earphone jatuh yang terjadi di 78 stasiun di wilayah Tokyo selama Juli-September 2020.

Baca juga: Wabah Flu Burung, Jepang Musnahkan 3.300 Ekor Ayam

Jumlah tersebut setara dengan seperempat jumlah semua kasus barang terjatuh di lintasan kereta.

Untuk itu, JR East memulai kerja sama dengan Panasonic Corp untuk mengembangkan suatu perangkat sejenis penyedot debu khusus untuk mengangkat earphone nirkabel yang terjatuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com