Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Vaksin Flu Tingkatkan Risiko Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 29/10/2020, 17:00 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar narasi di media sosial bahwa vaksin flu dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

Sejumlah penelitian dan Centers for Disease Control and Prevention menegaskan, tidak ada hubungan antara menerima vaksin flu dengan risiko virus corona.

Maka, narasi bahwa vaksin flu dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19 tidak benar.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Helen Harvey pada 21 Oktober 2020 mengedarkan status mengenai vaksin flu meningkatkan risiko Covid-19.

Dia mengingatkan agar menghindari vaksin flu guna meningkatkan kesehatan pada musim dingin.

Berikut isi lengkap statusnya:

"Flu vaccination increases your risk of COVID. Avoid all flu vaccinations to increase chances of keeping well this winter."

Status Facebook soal vaksin flu meningkatkan risiko Covid-19.Facebook Status Facebook soal vaksin flu meningkatkan risiko Covid-19.

Narasi bahwa vaksin flu meningkatkan risiko Covid-19 yang dilayangkan akun tersebut serupa dengan narasi yang beredar pada April dan Mei 2020. Salah satunya ditunjukkan akun Facebook Cubao Dwayne.

Pada 14 Mei 2020 dia menulis status bahwa jika Anda mendapat vaksin flu dalam 10 tahun terakhir, Anda positif mengidap virus Covid-19. Kalimat itu didapatkannya dari Dr. Rashid Buttar.

Penjelasan

Danuta Skowronski, peneliti utama di British Columbia Center for Disease Control (BCCDC), menerbitkan sebuah penelitian pada Mei 2020 yang menyebut bahwa vaksin influenza tidak memengaruhi risiko virus corona musiman.

Penelitian ini melibatkan ribuan orang selama beberapa musim flu di Kanada. Skowronski membantu mengembangkan desain tes negatif, sebuah metodologi yang digunakan di dunia untuk memantau seberapa baik perlindungan vaksin influenza.

Dia juga menegaskan bahwa tidak ada korelasi antara anak-anak yang menerima vaksin flu dengan risiko virus corona.

"Kami tidak melihat hubungan pada anak-anak atau orang dewasa antara penerimaan vaksin influenza dan risiko virus corona," kata Showronski dikutip AFP Fact Check.

Penelitian pada 2013 yang dimuat di jurnal Clinical Infectious Diseases, Volume 57, juga menyebut vaksinasi influenza tidak terkait dengan deteksi virus pernapasan non-influenza.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menegaskan, tidak ada bukti bahwa vaksinasi flu meningkatkan risiko Covid-19.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com