Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain LPSK, Ini 5 Kantor Pemerintah yang Ditutup karena Corona

Kompas.com - 05/09/2020, 11:07 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Jihad Akbar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona di area perkantoran masih terus terjadi.

Terbaru, aktivitas perkantoran Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Ciracas, Jakarta Timur, dihentikan selama lima hari kerja, mulai 7-11 September 2020.

Langkah itu dilakukan setelah ada pegawai LPSK yang teridentifikasi positif Covid-19. Kantor LPSK akan mulai aktif kembali dan dibuka untuk umum pada 14 September 2020.

Seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (4/9/2020), Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, penutupan aktivitas perkantoran LPSK ditujukan untuk sterilisasi.

Selain itu, penutupan kantor ini dilakukan untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran Covid-19 di antara para pegawai.

Hasto memastikan penutupan kantor ini tidak mengganggu program perlindungan saksi dan korban yang dilakukan LPSK. Sebab, para pegawai LPSK tetap bekerja meski dari rumah masing-masing.

Baca juga: Pegawai Positif Covid-19, LPSK Tutup Kantor 5 Hari Mulai 7 September

Deretan kantor pemerintahan yang ditutup

Tidak hanya kantor LPSK, kantor-kantor lembaga pemerintahan yang lain juga pernah ditutup karena adanya temuan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Berikut deretan kantor pemerintah yang ditutup untuk mencegah penularan Covid-19:

1. Komnas HAM

Diberitakan Kompas.com, 29 Juli 2020, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menutup kantornya selama sepekan, 29 Juli-4 Agustus 2020, setelah seorang stafnya dinyatakan positif Covid-19.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menuturkan, kantornya juga disemprot cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Seluruh penghuni kantor juga diminta mengikuti rapid test.

Sementara, pegawai yang pernah kontak langsung dengan staf yang positif Covid-19 juga diminta mengikuti tes dengan metode polymerase chain reaction (PCR) atau tes usap.

Rangkaian tes tersebut turut dilakukan ketujuh komisioner Komnas HAM. Selama penutupan itu, Komnas HAM hanya menerima pengaduan secara daring.

2. KPK

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Merah Putih di Jakarta Selatan juga pernah ditutup sementara usai 10 pegawainya dikonfirmasi positif Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com