Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik! Toilet Umum Tembus Pandang di Jepang, Berani Coba?

Kompas.com - 18/08/2020, 20:44 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Shibuya, salah satu distrik paling populer di Tokyo, Jepang, baru-baru ini menambahkan fasilitas publik baru yang langsung menarik perhatian.

Fasilitas baru itu adalah toilet umum yang dindingnya transparan atau tembus pandang.

Sekilas, ide tentang toilet transparan ini terdengar berbahaya dan tentunya tidak akan diminati oleh orang-orang.

Namun, ternyata desain nyeleneh ini adalah bagian dari proyek inovatif yang dimaksudkan untuk mengubah persepsi masyarakat tentang toilet umum.

Melansir CNN Travel, Selasa (18/8/2020) Shigeru Ban Architects, adalah firma arsitektur yang bertanggungjawab mendesain toilet ini.

Mengatasi masalah

Firma pemenang penghargaan Pritzker Prize ini telah memasang dua toilet di dua taman berbeda, yaitu Yoyogi Fukamachi Mini Park dan Haru-no-Ogawa Community Park.

"Ada dua hal yang kita takutkan ketika memasuki toilet umum, terutama yang terletak di taman. Pertama adalah tentang kebersihannya, dan yang kedua tentang ketidaktahuan apakah ada orang di dalam," sebut pernyataan resmi mereka di laman Tokyotoilet.jp.

Melalui desain yang inovatif, Shigeru Ban Architects mencoba mengatasi kekhawatiran tentang penggunaan toilet umum dengan memasang dinding kaca, yang akan memungkinkan orang melihat ke dalam toilet dari luar.

Namun, ketika seorang pengguna toilet masuk dan mengunci pintu, dinding akan berubah warna menjadi buram, yang menghalangi pandangan dari luar.

"Hal ini memungkinkan orang untuk memeriksa kebersihan dan apakah ada orang lain di dalam toilet dari luar. Saat malam, nyala lampu dari toilet ini juga menerangi taman seperti sebuah lentera yang cantik," sebut pernyataan itu.

Baca juga: Cerita di Balik Viralnya Tulisan Berbahasa Indonesia di Toilet Jepang


Bagaimana rasanya?

Pekan ini, CNN Travel berkesempatan mengunjungi Haru-no-Ogawa Community Park, mereka melaporkan adanya antrian pengunjung yang datang untuk mengambil gambar toilet itu.

Toilet itu sangat bersih, dan diberi warna yang sesuai, perpaduan antara warna putih dan krom.

Bagian yang mendebarkan adalah begitu masuk, orang tidak tahu apakah kacanya sudah buram atau tidak. Dinding di antara bilik toilet juga dipasangai cermin, sehingga menambah perasaan aneh seolah sedang ditonton.

Ini berarti sangat penting mengingat untuk mengunci pintu, yang terletak tepat di bawah pegangan pintu.

Halaman:
Sumber CNN Travel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com