Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Haji 2020: Selesai Tawaf, Jemaah Haji Lanjutkan Ibadah Sa'i

Kompas.com - 29/07/2020, 20:30 WIB
Vina Fadhrotul Mukaromah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 telah dimulai. Seusai melakukan tawaf, para jemaah haji melaksanakan Sa'i, yaitu berjalan atau berlari-lari kecil antara bukit Safa dan Marwa. 

Sa'i ini dilaksanakan di kompleks Masjidil Haram, Mekkah.

Sama dengan pelaksanaan tawaf, ibadah sa'i juga dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing.

Melalui dokumentasi yang diunggah oleh Kementerian Haji Arab Saudi dalam akun Twitter resminya @HajMinistry, terlihat bahwa para jemaah berbaris rapi dan saling menjaga jarak satu sama lain.

Para jemaah haji tengah melaksanakan sai dengan menerapkan social distancing Dokumentasi Kementerian Haji Arab Saudi Para jemaah haji tengah melaksanakan sai dengan menerapkan social distancing

Baca juga: Update Haji 2020: Jemaah Terapkan Social Distancing Saat Tawaf di Masjidil Haram

Sebelumnya, Mengutip AP News, Rabu (29/7/2020), ratusan jemaah mulai melakukan tawaf di Masjidil Haram dengan tetap menjaga jarak fisik (social distancing) satu sama lain.

Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Kabah sebanyak tujuh kali, berlawanan dengan arah jarum jam.

Terlihat para jemaah berjalan mengikuti tanda pembatas yang telah dipasang sebelumnnya.

Pemasangan tanda ini dilakukan untuk mempermudah para jemaah menjaga jarak fisik sesuai pedoman dalam mencegah potensi penyebaran virus corona ini.

Mayoritas jemaah perempuan terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam dan melakukan tawaf pada jarak yang lebih dekat dengan Kabah.

Sedangkan jemaah laki-laki mengitari Kabah pada lingkaran yang lebih jauh.

Sebagian jemaah mengenakan payung yang juga diberikan sebagai fasilitas haji seperti kerikil hingga ihram yang digunakan.

Pembatasan serta pedoman-pedoman khusus memang diberlakukan pada penyelenggaraan ibadah haji yang berlangsung di tengah pandemi corona ini.

Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020. AP Photo Ratusan jemaah mengelilingi Kabah di Masjid al-Haram, dengan tetap menjaga jarak untuk melindungi diri mereka dari virus corona jelang ziarah haji di kota suci Muslim Mekah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli 2020.

Baca juga: Update Haji 2020: 1.000 Jemaah Tiba di Mina untuk Mulai Ibadah Haji

Pencegahan potensi penyebaran Covid-19

Para jemaah yang dapat mengikuti ibadah haji tahun ini telah menjalani serangkaian pemeriksaan seperti suhu dan dikarantina saat tiba di Mekkah.

Selain itu, para petugas kesehatan pun melakukan disinfeksi pada barang-barang mereka.

Staf kesehatan dan keamanan juga melakukan disinfeksi dan membersihkan area sekitar Kabah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com