Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Tidur 20 Jam Sehari, Koala Penuhi Konsumsi Air dengan Cara Ini...

Kompas.com - 28/06/2020, 14:25 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi tentang hewan koala menunjukkan, hewan marsupial asal Australia ini ternyata jarang sekali minum. 

Ia juga memanfaatkan pohon tidak hanya untuk tempat tinggal, mencari makanan dan istirahat, tetapi juga untuk air minum.

Setelah makan, koala tidur. Dalam sehari, koala bisa tidur sampai 20 jam.

Dilansir dari situs The University of Sydney, (3/5/2020), sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethology mengklaim telah menangkap perilaku minum koala di alam liar untuk pertama kalinya.

Dalam jurnal tersebut, menunjukkan bagaimana hewan ini dapat minum dengan menjilati air mengalir di batang pohon saat hujan.

Peneltian ini dipimpin oleh Dr. Valentina Mella dari Fakultas Ilmu Kehidupan dan Lingkungan Universitas Sydney.

Mella mengungkapkan, penelitian ini menggunakan pengamatan cara minum koala yang dikumpulkan dari para ilmuwan warga, dan ahli ekologi independen pada medio 2006-2019.

Total ada 44 koala yang diteliti perilakunya. Ada koala yang tinggal di alam bebas, ada pula yang di penangkaran.

"Untuk waktu yang lama, kami pikir koala tidak perlu minum sama sekali karena mereka mendapatkan sebagian besar air yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup di dedaunan permen karet yang mereka makan," ujar Mella.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Koala Puaskan Dahaga dengan Menjilati Batang Pohon

Daun Eucalyptus

Ilustrasi Koala.PIXABAY Ilustrasi Koala.

Koala liar bisa mengkonsumsi sekitar 510 gram daun eucalyptus segar setiap hari.

Diketahui, kandungan air di dedaunan tersebut diyakini sekitar 75 persen dari asupan air mereka di musim panas dan musim dingin.

Namun, Mella mengaku bahwa pihaknya telah jelas mengamati bahwa koala minum dengan cara menjilati batang pohon saat hujan.

"Sekarang kami telah mengamati para koala menjilati air dari batang pohon. Ini secara signifikan mengubah pemahaman kami tentang bagaimana koala mendapatkan air di alam liar. Ini sangat mengasyikkan," ujar dia.

Pengamatan

Koala terlihat bebas menjilat air mengalir di batang pohon selama atau segera setelah hujan di Taman Regional You Yangs di Victoria, dengan dua pengamatan lebih lanjut dari minum dicatat di Liverpool Plains di NSW.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com