Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Masa Transisi PSBB DKI Jakarta, Konsumsi BBM Pertamina Mulai Naik

Kompas.com - 09/06/2020, 11:48 WIB
Virdita Rizki Ratriani

Penulis

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III mencatat konsumsi BBM untuk wilayah Jawa bagian Barat memasuki masa transisi kenormalan baru, mulai mendekati konsumsi rata-rata konsumsi harian normal.

Konsumsi BBM dan LPG di wilayah tersebut sempat menurun sebelum diberlakukannya kebijakan di rumah saja pada pertengahan Maret 2020.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Dewi Sri Utami menjelaskan, sejak akhir pekan lalu, konsumsi BBM jenis gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat, mencapai 23 ribu Kiloliter (KL) per hari.

 

"Konsumsi ini masih menunjukkan penurunan sebesar 12 persen dari kondisi normal," kata dia melalui keterangan resmi Selasa (9/6/2020). Konsumsi normal adalah mengacu pada konsumsi periode Januari – Februari 2020 sekitar 26 ribu KL per hari.

Penurunan konsumsi juga masih terjadi untuk produk gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex), sebesar 9.800 KL per hari atau masih turun 18 persen jika dibandingkan konsumsi normal. 

Baca juga: Isi BBM di SPBU Pertamina, Pengendara Mobil Jangan Turun

Berdasarkan data harian, penguatan konsumsi gasoil dan gasoline mulai terlihat sejak 3 – 6 Juni 2020.

Konsumsinya dibandingkan kondisi normal turun hanya kisaran 10 hingga 15 persen. Padahal, saat-saat sebelumnya, penurunan konsumsi BBM pernah mencapai lebih dari 40 persen. 

“Hal ini mencerminkan, persiapan masyarakat akan pemberlakuan masa transisi normal baru ini pada 5 Mei, sehingga mulai beraktivitas dan keluar rumah, terlebih di kawasan Jakarta dan sekitarnya,” jelas Dewi.

Seiring dengan pergerakan konsumsi BBM, Dewi menambahkan, pihaknya memastikan pasokan BBM di masa transisi ini aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah Jawa bagian Barat.

Ketersediaan stok BBM lebih dari 21 hari, atau diatas ketahanan stok nasional.

Dewi menambahkan, tidak hanya kesiapan BBM, ketersediaan pasokan avtur merespon kebutuhan maskapai pesawat udara yang mulai kembali beroperasi juga dalam kondisi aman dengan ketahanan stok 50 hari.

Baca juga: Isi BBM di SPBU Pertamina, Pengendara Mobil Jangan Turun

Aturan baru, protokol pencegahan Covid-19

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemik, Dewi mengatakan pihaknya telah aktif menerapkan protokol kesehatan di lembaga penyalur resminya seperti SPBU, agen, dan pangkalan, serta unit operasi perusahaan.

Di SPBU petugas wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan sarung tangan, serta tidak lupa mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kemudian pihaknya juga menyediakan hand sanitizer di area pompa pengisian BBM, agar dapat digunakan operator maupun konsumen.

Penyemprotan disinfektan secara berkala juga dilakukan untuk sarana dan prasarana SPBU, khususnya nozzle untuk SPBU layanan mandiri (self-service), serta tabung-tabung LPG di agen dan pangkalan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com