Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbauan FAO: Pandemi Virus Corona, Tak Perlu Menimbun Makanan Secara Berlebihan di Rumah

Kompas.com - 30/04/2020, 14:02 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat di masa pandemi virus corona.

Salah satunya, FAO mengingatkan agar masyarakat tak perlu menimbun makanan di rumah.

“Tidak perlu menimbun makanan di rumah karena COVID-19 tidak secara langsung memengaruhi produksi makanan,” ujar Perwakilan FAO di Indonesia, Stephen Rudgard, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Selain itu, masyarakat diimbau membeli makanan dari usaha kecil, menghargai petani, nelayan dan peternak yang memproduksi pangan.

FAO juga mengingatkan agar berbelanja dengan bijaksana dan makan-makanan sehat.

“Sudah saatnya bagi kita untuk memperhatikan satu sama lain dan menghargai mereka yang berada di garis depan dalam pandemi ini. Mereka yang memproduksi pangan untuk kita makan setiap hari di masa yang sulit ini,” kata Stephen.

Petani, nelayan, peternak, pengemudi truk, dan para penjual di pasar atau supermarket yang menyiapkan bahan pangan untuk masyarakat adalah pahlawan pangan selama pandemi.

“Beli makanan dari usaha kecil untuk mendukung mata pencaharian mereka di masa-masa sulit ini,” ujar dia.

Imbauan lainnya, FAO menekankan agar selalu menggunakan masker, memperhatikan jaga jarak aman, saat mendatangi pasar atau supermarket unuk membeli makanan.

"Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang makanan di rumah, dan ikuti praktik pengolahan makanan yang baik," ujar Stephen.

Konsumsi pangan yang bergizi, beragam, seimbang, dan aman untuk anggota keluarga juga penting diperhatikan.

“Bagikan makanan Anda, atau dukung bank makanan, kelompok masyarakat, atau badan amal yang menyediakan makanan gratis bagi orang-orang yang rentan, sebisa Anda. Kedermawanan Anda sangat penting selama krisis ini,” kata Stephen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com