Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Dugaan Penimbunan Es Krim Viennetta, Ini Penjelasan Alfamart-Indomaret

Kompas.com - 19/04/2020, 13:40 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan video berisi informasi mengenai adanya dugaan penimbunan es krim Viennetta di beberapa minimarket, viral di media sosial pada Sabtu (18/4/2020).

Adapun pengunggah yakni akun Instagram Awirachma @awirachma yang memposting dua video mengenai penelusuran es krim Viennetta yang kemudian ditemukan di dalam mesin pendingin.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

[ Viennetta ] ? Buat kalian yang sangat kesulitan menemukan ice cream Viennetta di mini market terdekat kalian, ternyata sebenarnya tidak susah karena banyak oknum karyawan @alfamart dan @indomaret menyembunyikan di bagian bawah freezer ???? tapi setelah gw menemukannya ada kejadian yang sangat aneh di oknum karyawan mini market tersebut ? Gw sudah datangin ke 4 mini market dekat rumah gw dan ini ceritanya : ? ???? Tempat pertama gw datang ke alfamidi dan gw menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( produk tidak ditempeli struk ) terus gw langsung ke kasir buat bayar belanjaan gw. Setelah sampai kasir gw gak bisa beli dengan alasan oknum kasir tersebut bilang ke gw kalau Vienneta tersebut sudah dibeli sama temannya ( oknum karyawan alfamidi ) ? ???? Tempat kedua gw datang ke indomaret plus dan gw juga menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( ada di video slide pertama ) dan setelah gw lihat produknya ternyata tertempel struk pembayaran, tapi gw tetap berusaha coba ke kasir untuk membeli produk tersebut..dan jawaban oknum kasir tersebut sama dengan kejadian sebelumnya bahwa produk tersebut sudah dibeli temannya ( oknum karyawan indomaret plus ) tapi ini gw coba agak sedikit bawel ke oknum kasir tersebut terus gw nanya kenapa sudah dibeli di taruh di freezer dan gw juga nanya kok kejadiannya sama ya sama minimarket yang disebelah ? Apa ini ada permainan ?? Wah saya kurang tau sama yang disebelah kata oknum kasir tersebut ? ???? yang ketiga gw datang di alfamart dan gw juga menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( tinggal 1 produk ) yauda gw langsung gaskan juga ke kasir, pas gw sampai ke oknum kasir tersebut dengan membawa Viennetta, oknum tersebut agak mlongo lihat gw (plus gw sekalian beli rokok) terus abis gitu oknum kasir tersebut bilang ke gw untuk Viennettanya gak pakai struk ya ? Langsung gw jawab emang kenapa mas ?? Oknum tersebut dengan gelagat bingung mau jawab apa dan terdiam beberapa detik abis gitu jawab saya usahakan mas pakai struk dan akhrinya bisa pake struk...aneh kan ?? ? Keterangan selanjutnya ada di kolom komentar ????

A post shared by Awirachma (@awirachma) on Apr 17, 2020 at 6:40am PDT

Ia pun mengisahkan pencariannya yang mengaku telah mendatangi empat minimarket.

Berikut rinciannya:

"Buat kalian yang sangat kesulitan menemukan ice cream Viennetta di mini market terdekat kalian, ternyata sebenarnya tidak susah karena banyak oknum karyawan @alfamart dan @indomaret menyembunyikan di bagian bawah freezer, tapi setelah gw menemukannya ada kejadian yang sangat aneh di oknum karyawan mini market tersebut

Gw sudah datangin ke 4 mini market dekat rumah gw dan ini ceritanya :

  • Tempat pertama gw datang ke alfamidi dan gw menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( produk tidak ditempeli struk ) terus gw langsung ke kasir buat bayar belanjaan gw. Setelah sampai kasir gw gak bisa beli dengan alasan oknum kasir tersebut bilang ke gw kalau Vienneta tersebut sudah dibeli sama temannya ( oknum karyawan alfamidi ) 
  • Tempat kedua gw datang ke indomaret plus dan gw juga menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( ada di video slide pertama ) dan setelah gw lihat produknya ternyata tertempel struk pembayaran, tapi gw tetap berusaha coba ke kasir untuk membeli produk tersebut..dan jawaban oknum kasir tersebut sama dengan kejadian sebelumnya bahwa produk tersebut sudah dibeli temannya ( oknum karyawan indomaret plus ) tapi ini gw coba agak sedikit bawel ke oknum kasir tersebut terus gw nanya kenapa sudah dibeli di taruh di freezer dan gw juga nanya kok kejadiannya sama ya sama minimarket yang disebelah ? Apa ini ada permainan ?? Wah saya kurang tau sama yang disebelah kata oknum kasir tersebut
  • yang ketiga gw datang di alfamart dan gw juga menemukan Viennetta di bagian bawah freezer ( tinggal 1 produk ) yauda gw langsung gaskan juga ke kasir, pas gw sampai ke oknum kasir tersebut dengan membawa Viennetta, oknum tersebut agak mlongo lihat gw (plus gw sekalian beli rokok) terus abis gitu oknum kasir tersebut bilang ke gw untuk Viennettanya gak pakai struk ya ? Langsung gw jawab emang kenapa mas ?? Oknum tersebut dengan gelagat bingung mau jawab apa dan terdiam beberapa detik abis gitu jawab saya usahakan mas pakai struk dan akhrinya bisa pake struk...aneh kan ??


Keterangan selanjutnya ada di kolom komentar".

Sejauh ini, unggahan tersebut telah dikomentari lebih dari 16.000 komentar sejak pertama kali diunggah.

Video dugaan penimbunan es krim viennettascreenshoot Video dugaan penimbunan es krim viennetta

Selain itu, akun Twitter Herland Dean, @Herlanddean pun mengunggah video dan narasi yang serupa.

"Jadi ini alasan es krim Viennetta sering ga ada di mini market. Gue ga tau ini kecurangan atau bukan tapi dibeli oleh karyawan dan disimpan di bawah rak es krim," tulis Herland dalam twitnya.

Twit tersebut kemudian menjadi viral. Sebanyak lebih dari 27.000 kali disukai dan telah di-retwit sebanyak lebih dari 15.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Konfirmasi Indomaret

Ditanyakan terkait postingan tersebut, Marketing Direktur Indomaret Wiwiek Yusuf mengungkapkan, pihaknya tidak pernah melakukan penimbunan barang.

"Kami tidak pernah menimbun barang. Semua barang yang ada akan kami teruskan ke konsumen. Terlebih ice cream," ujar Wiwiek saat dikonfirmasi Kompas.com pada Minggu (19/4/2020).

Wiwiek mencontohkan, produk yang umum dicari seperti beras, minyak goreng, masker, dan lainnya tetap akan disiapkan untuk masyarakat di tengah wabah virus corona ini.

Terkait adanya struk yang terlihat dalam video viral, Wiwiek menjelaskan bahwa barang yang telah dibeli atau memiliki struk wajib diambil oleh pembeli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com