Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Suara Dentuman Misterius di Jabodetabek, BNPB: Belum Tahu dari Mana Asalnya

Kompas.com - 11/04/2020, 08:25 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menegaskan belum mengetahui secara persis asal muasal suara dentuman yang sempat dipertanyakan para warganet.

Terlebih sejauh ini, belum ada laporan yang masuk terkait dengan suara dentuman misterius yang diduga berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau tersebut.

"Itu (suara dentuman) saya yang belum dapat laporan. PVMBG tidak melaporkan hal itu juga. Saya masih belum tahu dari mana asal suara tersebut," kata Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Gunung Anak Krakatau Meletus Jumat Malam, Warganet Kisahkan Suara Dentuman Aneh

Untuk diketahui, Gunung Anak Krakatau yang berada di Lampung mengalami erupsi pada Jumat (10/4/2020) malam sekitar pukul 21.58 WIB.

Hal itu pertama kali dilaporkan oleh KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau yang dikutip oleh Twitter BNPB, @BNPB_Indonesia.

Bersamaan dengan itu, tepatnya pada Sabtu (11/4/2020) pukul 01.40-03.00 WIB, terdengar pula suara dentuman misterius di Jakarta dan sekitarnya.

Sejumlah warganet di akun Twitter BNPB melaporkan mendengar dentuman aneh tersebut, yang diduga berkaitan dengan meletusnya Gunung Anak Krakatau.

Pemilik akun Twitter @wulanCnt misalnya, ia mengaku mendengar suara dentuman di Jabodetabek.

"Halo, min. Please kasih rilis terkait dentuman yang barusan terjadi di daerah Jabodetabek dong. Apa bener ini karena erupsi krakatau? Atau gimana?," cuitnya.

Baca juga: Erupsi Merapi dan Sejarah Letusannya...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com