Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona: Ciri-ciri, Gejala, Masa Inkubasi, dan Risiko bagi Perokok

Kompas.com - 04/04/2020, 20:34 WIB
Rizal Setyo Nugroho

Penulis

KOMPAS.com - Negara-negara di seluruh dunia berjuang untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona.

Hingga Sabtu (4/4/2020), lebih dari 60.000 orang di seluruh dunia telah meninggal karena Covid-19, penyakit pernapasan yang sangat menular yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2.

Sementara itu, jumlah orang yang dites positif Covid-19 telah melebihi 1 juta, menurut data yang dikumpulkan oleh Johns Hopkins Univeristy.

Berikut ini beberapa hal yang mungkin perlu diketahui tentang virus corona, seperti dikumpulkan dari Aljazeera.

Apa itu virus corona ?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti sindrom pernafasan akut akut (SARS) dan sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS).

Virus ini awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. SARS, misalnya, ditransmisikan dari kucing luwak ke manusia sementara MERS pindah ke manusia dari jenis unta.

Nama virus corona berasal dari kata Latin corona, yang berarti mahkota. Sebab dilihat dari bentuknya di bawah mikroskop elektron, virus ini sepertinya dikelilingi oleh korona matahari.

Virus corona baru, yang diidentifikasi oleh otoritas China pada 7 Januari dan sejak bernama SARS-CoV-2, adalah jenis baru yang sebelumnya tidak diidentifikasi pada manusia.

Sedikit yang diketahui tentang itu, meskipun penularan dari manusia ke manusia telah dikonfirmasi.

Dari mana asalnya virus?

Otoritas Kesehatan China masih berusaha untuk menentukan asal virus, yang mereka katakan kemungkinan berasal dari pasar makanan laut di Wuhan, China di mana satwa liar juga diperdagangkan secara ilegal.

Pada 7 Februari, para peneliti China mengatakan virus itu bisa menyebar dari spesies hewan yang terinfeksi ke manusia melalui trenggiling yang diperdagangkan secara ilegal, yang dihargai di Asia untuk makanan dan obat-obatan.

Para ilmuwan telah menunjuk kelelawar atau ular sebagai kemungkinan sumber virus.

Apa gejala virus corona?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com