Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Kemenlu soal WNI yang Disebut Berwisata ke India dan Tak Bisa Pulang ke Tanah Air

Kompas.com - 26/03/2020, 17:45 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan di media sosial Facebook mengenai warga negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan ke India menyebar luas.

Sebuah foto yang diunggah pada Rabu (25/3/2020), mendapatkan perhatian banyak warganet.

Hingga Kamis (26/3/2020) siang, unggahan ini telah dibagikan lebih dari 2.100 kali dan pada kolom komentarnya terdapat lebih dari 2.800 tanggapan.

Pada narasi foto yang beredar, disebutkan bahwa ada rombonngan WNI yang berangkat ke India di tengah wabah virus corona.

Setibanya di sana, mereka tak bisa kembali ke Tanah Air karena India memberlakukan lockdown terkait virus corona.

Disebutkan, para WNI itu kemudian meminta bantuan untuk kembali ke Tanah Air dengan mengirimkan surat ke Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi.

Mereka juga meminta bantuan makan sebanyak 3 kali sehari. Bagaimana informasi yang diperoleh Kemenlu soal ini? Benarkah demikian?

Berikut penjelasan Kemenlu dan Duta Besar RI untuk India, Arto Suryodipuro, saat dihubungi secara terpisah, Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Cara Polisi India Tertibkan Warga yang Langgar Aturan Lockdown

Tanggapan Kemenlu

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.Kompas.com/SABRINA ASRIL Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah.
Saat dihubungi Kompas.com, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizasyah mengatakan, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Indonesia sudah mengontak rombongan tersebut.

Menurut Teuku Faizasyah, pihak KBRI telah mengupayakan agar para WNI tetap tinggal di dalam hotel selama masa lockdown di India.

"Dubes RI di India infokan bahwa KBRI sudah ada kontak dengan mereka dan memfasilitasi termasuk mengupayakan dengan pihak hotel agar mereka tidak disuruh keluar saat lockdown berlangsung," kata Faizasyah, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/3/2020) siang.

Ia mengatakan, pihak KBRI terus berupaya memberikan bantuan terhadap WNI yang ada di India agar tetap diperhatikan. 

"KBRI memberi bantuan pada WNI di tengah segala keterbatasan. Agar WNI di India terperhatikan," ujar Faizasyah.

Meski demikian, lanjut dia, tidak semua bantuan bisa diberikan.

"KBRI menggarisbawahi kesiapan memberi bantuan pada WNI di India di tengah segala keterbatasan. Artinya ada hal-hal yang masih bisa dibantukan, ada yang tidak bisa," kata dia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com