Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN 2020 Ditiadakan karena Corona, Berikut Sejumlah Negara yang Menerapkan Kebijakan Serupa

Kompas.com - 24/03/2020, 17:10 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia secara resmi telah membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dari tingkat SD, SMP, hingga SMA pada Selasa (24/3/2020).

Kebijakan tersebut diambil sebagai penerapan social distancing (pembatasan jarak sosial) untuk menghentikan laju penyebaran virus corona.

"Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respons wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat," kata Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com,

Per Selasa (24/3/2020), Indonesia telah melaporkan 686 kasus virus corona dengan 55 kematian dan 30 pasien sembuh.

Baca juga: Beberapa Tips agar Tidak Stres Saat Pandemi Virus Corona

Kebijakan pembatalan ujian untuk para pelajar juga telah dikeluarkan oleh sejumlah negara di dunia. Berikut informasinya:

Inggris

Pemerintah Inggris telah menutup sekolah tanpa batas waktu yang ditentukan serta membatalkan ujian A-level dan GCSE atau ujian internasional untuk siswa sekolah menengah.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, dia terpaksa menutup sekolah untuk 8 juta murid di Inggris setelah penyebaran virus corona lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sementara itu, Menteri Pendidikan Inggris Gavin Williamson berjanji akan memastikan bahwa semua siswa mendapatkan nilai yang pantas dan adil.

Pemerintah saat ini sedang mempertimbangan sejumlah model yang memungkinkan, termasuk penilaian untuk menggantikan ujian formal yang dijadwalkan pada Mei dan Juni mendatang.

"Kami akan memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pengakuan yang layak bahwa mereka layak," kata Williamson, dilansir dari Telegraph.

"Kami bekerja sangat erat dengan Ofqual untuk memiliki serangkaian tindakan terperinci untuk memastikan bahwa tidak ada anak yang mendapat nilai secara tidak adil." sambungnya.

Politisi berusia 43 tahun itu juga akan membentu sistem banding, sehingga setiap siswa yang merasa bahwa nilai mereka bukan cerminan yang adil dapat mengajukan banding.

Baca juga: Hasil SKD CPNS Kemensetneg 2019 Diumumkan, Ini Informasinya...

Amerika Serikat

Pejabat Negara Bagian New York telah mengumumkan pembatalan Ujian Standar Negara tahun ini.

Pembatalan itu dilakukan tak lama setelah Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa pemerintah federal akan mengabulkan permintaan negara bagian untuk membatalkan ujian standar tahun ini di tengah penutupan akibat virus corona.

Dewan Kanselir Betty Rosa dan Komisaris Sementara New York Shannon Tahoe pun menganggap pembatalan ujian standar itu sangat penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com