Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Rumah Sakit Rujukan Pasien Corona di Kalimantan Utara dan Hotline yang Bisa Dihubungi

Kompas.com - 14/03/2020, 12:15 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah RI telah berupaya melakukan berbagai kebijakan dan persiapan untuk menangani penyebaran virus corona penyebab Covid-19. 

Kebijakan itu mulai dari imbauan untuk tidak bepergian ke sejumlah negara terinfeksi, ajakan untuk hidup bersih dan sehat, pemberitahuan penanganan, penyiagaan petugas di berbagai titik yang rentan terjadi penularan.

Selain itu, pemerintah juga menunjuk juru bicara khusus untuk menginformasikan perkembangan penyakit Covid-19 di Indonesia yaitu Achmad Yurianto.

Tidak hanya itu, Pemerintah melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/169/2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu, menetapkan 132 rumah sakit di 34 provinsi di seluruh Indonesia untuk menjadi rumah sakit rujukan kasus corona.

RS rujukan pasien corona di Kalimantan Utara

Dari 132 RS rujukan yang ada, beberapa di antaranya berada di Provinsi Kalimantan Utara, yakni RSUD Tanjung Selor dan RSUD Tarakan.

RSUD Tanjung Selor beralamat di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Tanjung Selor Hilir, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Baca juga: Ketika Amerika Serikat Kewalahan Hadapi Serangan Virus Corona

Adapun kontak yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut:

Telepon: (0552-21118)
Fax: (0552-22667)
Email: bludrsdtanjungselor@gmail.com

RS rujukan kedua adalah RSUD Tarakan yang berlokasi di Jalan Pulau Irian No.1, Kp. Satu Skip,
Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

Kontak yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut:

Telepon: (0551-21166)
Fax: (0551-21720)
Email: rsudtarakan.kaltara@gmail.com

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Tarakan juga membuka layanan informasi melalui nomor 0813-5143-2112 yang dapat dihubungi via WhatsApp, SMS, maupun telepon.

Kementerian Kesehatan juga berbagai pihak lain, seperti Pemerintah, telah mengimbau masyarakat untuk mengakses informasi dari sumber-sumber yang dapat dipercaya.

Selain itu, berbagai tips menghindari virus corona juga telah dibagikan melalui berbagai platform.

Masyarakat diminta menghindari kerumunan, kontak fisik seperti bersalaman secara langsung, menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga pola hidup sehat.

Hingga Sabtu (13/3/2020) malam, Pemerintah mengumumkan sudah ditemukan 69 kasus infeksi, 5 di antaranya dinyatakan sembuh, dan 4 pasien dinyatakan meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com