Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien Covid-19 di Indonesia: Rentang Usia, Gender, Klaster, dan Penularannya

Kompas.com - 11/03/2020, 17:15 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga Rabu (11/3/2020), jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia yang telah dikonfirmasi pemerintah sebanyak 27 kasus.

Sementara itu, total kasus baik yang sudah dinyatakan positif maupun kasus yang masih diperiksa, dikutip dari data yang disajikan laman covid19ID, hingga saat ini berjumlah 135 kasus.

Dari jumlah tersebut, satu pasien yang merupakan kasus ke-25 dilaporkan meninggal pada Rabu dini hari tadi pukul 02.00 WIB.

Ia adalah seorang warga negara asing (WNA) dari Inggris berjenis kelamin perempuan yang berusia 53 tahun.

Namun, virus corona disebut bukan menjadi faktor utama penyebab kematian. Sebelum meninggal, pasien tersebut diketahui sudah memiliki sejumlah penyakit bawaan yang diderita sejak lama, seperti diabetes, hipertensi, dan paru obstruksi.

Baca juga: 29 Kasus Virus Corona di Sekolah Yahudi saat New York Rencanakan Karantina

Usia dan gender

Melihat statistik yang dirangkum @kawalcovid19, jika ditilik dari rentang usia, pasien virus ini kebanyakan menjangkit mereka yang ada di rentang usia 31-40 tahun, yakni terdapat delapan orang atau sekitar 30 persen dari total kasus yang terkonfirmasi.

Dari delapan pasien tersebut, empat di antaranya adalah laki-laki, dua adalah perempuan, sedangkan sisanya belum dilaporkan informasi terkait jenis kelaminnya.

Dari segi gender, jumlah pasien perempuan dan laki-laki cukup seimbang. Dari 25 data gender yang diketahui, 13 di antaranya adalah berjenis kelamin perempuan, dan 12 lainnya laki-laki.

Sementara itu, dua pasien lainnya dengan nomor kasus 3 dan 4 belum diketahui jenis kelaminnya.

Baca juga: Satu Pasien Meninggal di Indonesia, Ini Update Virus Corona di ASEAN

Klaster dan penyebab penularan

Kemudian, untuk lokasi kasus dikonfirmasi sebagian besar ada di klaster DKI Jakarta. Selain itu, sisanya adalah Jawa Barat dan Bali.

Mengenai kewarganegaraan, dari 27 pasien tersebut 23 di antaranya warga negara Indonesia (WNI), sisanya empat orang adalah WNA. 

Adapun untuk penyebab terjadinya infeksi, 14 terjadi di Indonesia atau lokal, sedangkan 13 lainnya merupakan impor dari luar negeri, misalnya infeksi yang terjadi pada WNI ABK Diamond Princess.

Dari 27 kasus yang ada, dua di antaranya yakni pasien dengan nomor 06 dan 14 yang dinyatakan sudah sembuh dan diizinkan untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Baca juga: Dua Pasien Virus Corona Dinyatakan Sembuh dan Boleh Pulang

Menurut situs infeksiemerging, hingga Rabu (11/3/2020), sudah ada 793 orang yang diperiksa terkait virus corona di 26 provinsi.

Sebanyak 744 negatif Covid-19 (188 orang ABK kru kapal World Dream dan 68 orang ABK Diamond Princess), sedangkan 27 positif dan 22 orang masih dalam pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com