Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien "Suspect Corona" Meninggal di RSUP Kariadi Semarang: Jenazah Dibungkus Plastik

Kompas.com - 26/02/2020, 20:15 WIB
Retia Kartika Dewi,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Seorang pasien yang diduga terinfeksi virus corona jenis baru atau Covid-19 dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (26/2/2020).

Adapun pasien "suspect corona" tersebut meninggal dan sempat melakukan transit di Dubai saat perjalanan ke Spanyol.

Berdasarkan pemberitaan Kompas.com, Selasa (25/2/2020), Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kariadi Semarang Agoes Oerip Poerwoko menjelaskan, pasien tersebut meninggal bukan karena virus corona.

Tetapi, karena gangguan napas berat.

Kendati demikian, virus corona merupakan penyakit yang dapat menular melalui udara (airbone) dengan jarak yang relatif dekat untuk penularan antar-manusia.

Lantas, bagaimana cara agar jenazah suspect corona tidak menular antar-manusia?

Baca juga: [HOAKS] 5 Pasien Terduga Virus Corona di RS Kariadi, 1 Meninggal

Penjelasan RSUP Dr. Kariadi

Ketua Tim Penanggulangan Bencana RSUP Dr. Kariadi, dr. RP Uva Utomo., SpKF mengungkapkan prosesi kremasi jenazah menggunakan plastik dinilai agar virus pada mayat tidak menular ke petugas medik.

"Jadi, mayat itu dibungkusnya dengan plastik, kalau dengan kain masih ada pori-pori kecil, karena ukuran virus itu sangat kecil, kan kalau dengan pasltik jadi tidak menyebar di udara," ujar Uva saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (26/2/2020).

Selain itu, tidak hanya untuk jenazah dengan suspect corona saja yang mendapat perlakuan dikremasi dengan plastik, melainkan jenazah pasien yang terinfeksi virus kategori airbone.

Uva menjelaskan, untuk proses kremasi jenazah ini, petugas juga wajib memakai kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD), seperti pakaian khusus dan masker N95.

Baca juga: Rawat Pasien yang Pernah Kunjungi Wuhan, RSUP Kariadi Nyatakan Tak Terinfeksi Corona

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika melakukan proses kremasi jenazah yakni waktu pembakaran jenazah.

"Dari dia meninggal itu, jika masih ada di rumah sakit itu masih aman, kalau dia sudah keluar dari rumah sakit itu sebetulnya dalam waktu 4 jam segera dimakamkan," ujar Uva.

Adapun ketika jenazah yang terinfeksi virus airbone ini telah dimasukkan dalam plastik, kemudian mayat tersebut dimasukkan dalam peti.

Saat jenazah di dalam peti, Uva mengungkapkan, peti tersebut sudah tidak bisa dibuka kembali.

"Nah petugasnya pun ketika memasukkan jenazah ke dalam peti itu APD-nya juga dipakai, jadi betul-betul menjamin tidak tertular," ujar Uva.

Tahapan selanjutnya yakni pembakaran jenazah.

Baca juga: RSUP Kariadi Semarang Rawat Bayi Kembar Siam dari Temanggung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com