Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naturalisasi dari Anies Baswedan hingga Paul Cumming...

Kompas.com - 04/01/2020, 13:51 WIB
Rizal Setyo Nugroho,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kata naturalisasi ramai dibicarakan publik akhir-akhir ini. Hal itu tak lepas dari banjir di Jabodetabek dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI No. 31 Tahun 2019, naturalisasi didefinisikan sebagai cara mengelola prasarana sumber daya air melalui konsep pengembangan ruang terbuka hijau dengan tetep memperhatikan kapasitas tampungan, fungsi pengendalian banjir dan konservasi.

Naturalisasi yang dimaksudkan Anies merupakan naturalisasi untuk pengendalian banjir di Jakarta.

Pada dasarnya konsep naturalisasi tidak melulu berhubungan dengan sungai.

Naturalisasi sebenarnya lebih dikenal untuk istilah perubahan status warga negara. Dari penduduk asing menjadi warga negara suatu negara.

Namun proses ini harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan dalam peraturan kewarganegaraan negara yang bersangkutan.

Aturan pertama tentang naturalisasi di Indonesia tercantum dalam UU No. 62 Tahun 1958. Namun pemerintah sempat menerbitkan aturan penghentian proses naturalisasi. Seperti dikutip dari arsip Harian Kompas, 8 Desember 1966.

Instruksi itu diberikan oleh Menteri Kehakiman Oemar Seno Adji kepada pengadilan negeri di masing-masing wilayah.

Hal itu disinyalir karena banyaknya warga Republik Rakyat China yang mengajukan diri menjadi WNI. Aturan mengenai kembali dibukanya keran naturalisasi diumumkan pada 11 Juli 1967.

Baca juga: Melihat Gaya Kepemimpinan Anies dan Ahok...

Naturalisasi di Lapangan Hijau

Selebrasi Cristian Gonzales seusai mencetak gol ke pada laga PSS Sleman vs Persita Tangerang, Jumat (16/11/2018). KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Selebrasi Cristian Gonzales seusai mencetak gol ke pada laga PSS Sleman vs Persita Tangerang, Jumat (16/11/2018).

Naturalisasi lebih dulu terkenal di lapangan hijau. Setidaknya satu dekade lalu.

Salah satunya terjadi pada striker kelahiran Uruguay, Christian Gonzales di Timnas Sepak Bola Indonesia.

Berturut-turut muncul pemain naturalisasi lainnya di antaranya, Kim Jeffrey Kurniawan, Diego Michiels, Victor Igbonefo, Greg Nwokolo, Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo.

Daftarnya bertambah dengan Stefano Lilipaly, Otavio Dutra, Tonnie Cussell dan Johny van Beukering. Namun tak semuanya moncer di Timnas.

Dua nama terakhir contohnya, hanya bermain beberapa kali, lalu namanya menguap. Selain itu ada juga nama Van der Vin, di masa lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com