Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mewabah di Depok, Berikut Penyebab Menyebarnya Hepatitis A

Kompas.com - 05/12/2019, 16:28 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

Sumber WHO

KOMPAS.com - Puluhan siswa dan guru di sejumlah sekolahan di Depok terinfeksi virus hepatitis A dalam kurun waktu Desember 2018 hingga Januari 2019.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Anung Sugihantono mengatakan total kasus Hepatitis A di Depok hingga 3 Desember 2019 berjumlah 262 kasus.

Sejauh ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih terus melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE).

Penyelidikan Epidemiologi (PE) merupakan kegiatan yang bertujuan mengatasi masalah kesehatan, utamanya menanggulangi penyakit menular yang sedang terjadi di masyarakat, dan berpotensi menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

Lantas apa itu Hepatitis A?

Hepatitis A merupakan penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A dan mudah menular karena virusnya sangat adaptif terhadap kondisi lingkungan.  

Dalam kondisi baik, virus hepatitis A (HAV) bertahan hidup di lingkungan selama berbulan-bulan, terutama pada kondisi tingkat pH yang rendah dan bertemperatur rendah.

Virus ini terutama menyebar ketika orang yang tidak terinfeksi (dan tidak divaksinasi) menelan makanan atau air yang terkontaminasi dengan kotoran orang yang terinfeksi.

Penyakit ini erat kaitannya dengan air atau makanan yang tidak aman, sanitasi yang tidak memadai, kebersihan pribadi yang buruk, dan seks oral-anal.

Tidak seperti hepatitis B dan C, hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati kronis.

Tapi, penyakit ini dapat menyebabkan gejala yang melemahkan dan hepatitis fulminan (gagal hati akut), yang seringkali berakibat fatal.

Secara keseluruhan, WHO memperkirakan bahwa pada tahun 2016, 7.134 orang meninggal karena hepatitis A di seluruh dunia (terhitung 0,5% dari kematian karena virus hepatitis).

Baca juga: Mata Berwarna Kuning? Waspada Penyakit Kuning

Penularan Hepatitis A

Seseorang bisa terinfeksi hepatitis A setelah tertular HAV.

Virus ini biasanya ditularkan melalui makanan atau air minum yang terkontaminasi virus hepatitis A dari feses penderita hepatitis A.

Selain itu, wabah ini bisa ditularkan melalui makanan yang diolah oleh orang yang terinfeksi Hepatitis A dan air yang terkontaminasi limbah atau tidak diolah secara memadai.

Halaman:
Sumber WHO
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com