Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sah, Reini D Wirahadikusuma Jadi Rektor Perempuan Pertama ITB

Kompas.com - 08/11/2019, 19:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki rektor baru. Berdasarkan hasil pleno rapat Majelis Wali Amanat (MWA), Prof. N.R Reini D. Wirahadikusuma ditetapkan sebagai rektor institusi ini.

Reini merupakan rektor perempuan pertama di ITB sejak berdiri pada tahun 1959 atau selama 60 tahun terakhir.

Selain itu, Reini juga merupakan rektor perempuan pertama selama 99 tahun terakhir atau sejak institut ini berdiri dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng pada tahun 1920.

Dia terpilih dan menggantikan rektor sebelumnya, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, yang menjabat sejak 20 Januari 2015. Berdasarkan voting, Reini berhasil mengalahkan dua kandidat lain yakni Jaka Sembiring dan Kadarsah Suryadi.

Pemberitaan Kompas.com, 1 November 2019 menyebutkan, pemilihan rektor ITB diikuti oleh 30 kandidat yang kemudian dikerucutkan menjadi 10 kandidat.

Setelah melalui tahapan debat terbuka dan pemaparan ide srta gagasan, para kandidat kemudian disaring menjadi 6 lalu ditetapkan menjadi 3 lewat sidang tertutup Senat Akademik.

Melansir laman resmi Institut Teknologi Bandung, Reini menamatkan pendidikan S1-nya di ITB, kemudian melanjutkan pendidikan master dan doktoralnya di Purdue University.

Baca juga: Senat Akademik Tetapkan 3 Calon Rektor ITB, Ini Nama-namanya

Sebelum terpilih menjadi rektor ITB, Reini menjabat sebagai Guru Besar di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. 

Dalam sebuah video yang diunggah di channel YouTube ITB, Reini mengatakan jika dia telah berkiprah di kampus ini selama lebih dari 25 tahun.

Selain itu, Reini juga pernah mengikuti beberapa proyek. Terakhir, dia tergabung dalam proyek ENHANCE atau Enabling Humanitarian Attributes for nurturing Community-based Engineering.

Proyek ini merupakan kerja sama antara ITB dan Univeritas Warwick dalam bidang rekayasa kemanusiaan yang berlangsung selama tiga tahun dimulai dari tahun 2018.

Kemudian, Reini telah menerbitkan beberapa publikasi. Adapun beberapa di antaranya seperti A readiness assessment model for Indonesian contractors in implementing sustainability principles yang diterbitkan di International Journal of Construction Management pada tahun 2015.
Kemudian, dia juga menerbitkan publikasi lain berjudul Performance-based contracting for roads - Experiences of Australia and Indonesia dalam jurnal Procedia Engineering tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com