Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng KPK untuk Cegah Korupsi, #MendagriSisirAnggaran Jadi Trending

Kompas.com - 30/10/2019, 17:00 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) awasi penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) demi cegah tindak pidana korupsi.

Hari ini, Rabu (30/10/2019) Mendagri Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan perwakilan KPK di Gedung Kemendagri, Jakarta.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, pengawasan ini akan difokuskan pada dana anggaran daerah yang ditransfer dari pusat.

“Kita tahu bahwa tahun depan itu lebih kurang 800-an triliun anggaran yang akan ditansfer ke daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota, ini memerlukan pembinaan agar tepat sasaran, sekaligus pengawasan agar jangan sampai terjadi penyimpangan,” kata Tito.

Sejumlah masukan disampaikan oleh KPK kepada Kemendagri terkait pengawasan yang bisa dilakukan agar anggaran yang diterima daerah dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Cegah Penyelewengan Dana Transfer Daerah, Mendagri Gandeng KPK

“Banyak masukan-masukan dari KPK dalam pembinaan dan pengawasan, ada 8 elemen yang diintervensi atau diawasi mulai dari perencanaan, kemudian dana desa, manajemen aset dan hal-hal lainnya," ujar mantan Kapolri itu.

Di akhir tahun ini, Mendagri akan mengumpulkan seluruh kepala daerah untuk menyingkronkan kegiatan pemda dengan Program Prioritas Presiden.

Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

“Kita akan lebih fokus terkait dengan apa yang disampaikan Bapak Presiden, yakni terkait dengan infrastruktur, SDM, investasi, itu yang menjadi konsen dari Bapak Presiden, KPK juga akan memfokuskan ke area itu," ungkap Alex.

Kemendagri dinilai menjadi poros pemerintahan yang memegang kendali terhadap pemerintahan-pemerintahan di daerah.

Kali ini, dua badan negara tersebut menaruh fokus kerja sama terkait sinkronisasi program prioritas nasional yang dicanangkan Presiden dengan program pemda, realisasi penyerapan anggaran, dan program tepat sasaran untuk masyarakat.

Trending topic Twitter Indonesia, 30 Oktober 2019Twitter Trending topic Twitter Indonesia, 30 Oktober 2019

Bahasan dalam pertemuan ini juga menjadi perhatian khalayak, terbukti dengan munculnya tagar #MendagriSisirAnggaran di urutan atas topik pembicaraan Twitter Indonesia.

Tagar tersebut berada di urutan ke tiga dengan jumlah twit mencapai 12,9 ribu pada pukul 14.00 WIB.

Topik ini kemudian banyak dibicarakan terkait adanya keterangan penggunaan anggaran di APBD DKI Jakarta untuk lem Aibon senilai Rp 82,8 miliar.

Baca juga: Mendagri Akan Ungkap Pemprov yang Tak Serap 60 Persen APBD

Dukungan terhadap kerjasama Kemendagri dan KPK ini juga muncul dari pengguna Twitter lain yang menyuarakan untuk dilakukan penelusuran adanya keperluan lem aibon senilai puluhan miliar Rupiah.

"Dukung Mendagri telusuri aibon. Mantap. #MendagriSisirAnggaran," tulis @margaretaputr13.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com