Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Dehidrasi Karena Cuaca Panas, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 29/09/2019, 16:04 WIB
Rosiana Haryanti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuaca panas yang melanda berbagai wilayah di Indonesia menyebabkan banyak masalah kesehatan. Hawa panas yang terjadi menjadi salah satu penyebab banyak orang mengalami dehidrasi.

Dilansir dari Medical News Today, Minggu (29/9/2019), dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini kemudian menyebabkan berbagai maslah kesehatan seperti sakit kepala, lesu, hingga sembelit.

Sebanyak 75 persen bagian dari tubuh manusia terdiri dari air yang ditemukan dalam sel di pembuluh darah.

Meski air selalu mengilang dari tubuh saat manusai beraktivitas, namun manusia dapat mengisinya kembali dengan mengonsumsi cairan. Tubuh juga dapat memindahkan air saat ke tempat-tepat yang dibutuhkan saat dehidrasi terjadi.

Baca juga: Kenapa Kita Pusing jika Cuaca Terlalu Terik dan Panas?

Dehidrasi ringan disebabkan oleh berbagai kondisi seperti diare, muntah, dan berkeringat. Bahkan dehidrasi juga bisa terjadi saat akdar gula darah menjadi tinggi.

Hal ini lalu membuat adanya peningkatan buang air kecil pada individu sehingga membuat tubuh kehilangan banyak cairan.

Selain itu, penyebab lain dehidrasi juga terjadi terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan seperti, diuretik, antihistamin, obat tekanan darah, dan antipsikotik, dan bahkan alkohol.

Kemudian luka bakar pada tubuh bisa menyebabkan banyak cairan hilang. Pembuluh darah pada luka yang rusak, menyebabkan cairan bocor ke jaringan di sekitarnya.

Adapun individu yang lebih berisiko terkena dehidrasi adalah para atlet, orang yang tinggal di tempat tinggi, serta orang tua.

Risiko dehidrasi juga dapat dialami oleg orang-orang dengan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit ginjal, cystic fibrosis, pecandu alkohol, dan kelainan kelenjar adrenal.

Ilustrasi minum airbaiajaku Ilustrasi minum air
Gejala dan tips menyembuhkan dehidrasi

Kondisi ini pada awalnya ditandai dengan kondisi mulut yang kering, lesu, dan pusing. Selain itu, gejala lain yang terjadi antara lain rasa haus, urin berwarna lebih gelap, dan penurunan produksi urin.

Faktanya, warna urin merupakan salah satu indikator seseorang mengalami dehidrasi. urin berwarna jernih berarti Anda terhidrasi dengan baik. Sementara jika urin berwarna lebih gelap, berarti tubuh mengalami kekurangan cairan.

Namun penting untuk dicatat jika pada orang yang lebuh tua, dehidrasi dapat terjadi tanpa rasa haus. Untuk itu, penting bagi mereka untuk banyak minum air saat sakit atau selama cuaca panas.

Baca juga: Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas, Adakah Bahayanya?

Selain itu, gejala lainnya adalah tekanan darah menjadi lebih rendah, demam, serta meningkatnya denyut jantung.

Sedangkan jika dehidrasi menjadi lebih parah jika gejala yang terjadi sebelumnya memburuk ditambah dengan kurangnya keringat pada tubuh, mata cekung, kulit menjadi lebih layu dan kering, mengigau, hingga ketidaksadaran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com