Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KLARIFIKASI] Video Rendang yang Diduga Berisi Narkoba

Kompas.com - 21/09/2019, 15:10 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Informasi mengenai adanya masakan daging rendang yang memuat gelondongan plastik beredar di media sosial sejak Kamis (19/9/2019).

Berdasarkan narasi yang beredar, gelondongan tersebut adalah obat-obatan terlarang yang diselundupkan di dalam daging agar aman dari petugas pemeriksaan.

Melihat viralnya video itu di media sosial, Badan Narkotika Nasional (BNN) mengonfirmasi bahwa video itu terjadi bukan di Indonesia.

Narasi yang beredar:

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, salah satu akun Twitter Hanes234, @UkurJalan19 mengunggah video yang menampilkan seorang perempuan tengah memotong daging yang berisi gelondongan plastik bewarna putih dan hijau yang diduga berisi narkoba.

Video tersebut juga dibubuhkan keterangan sebagai berikut:

"Perlu diwaspadai, jangan pernah mau dititipin apapun sama orang yang enggak dikenal. Meskipun di bandara, stasiun, mall atau tempat-tempat ramai..(walaupun cuma rendang) ternyata bisa bermasalah."

Hingga kini unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 26.600 kali dan telah disukai sebanyak 20.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Penelusuran Kompas.com:

Maraknya video ini di media sosial membuat warganet bertanya-tanya, benarkah gelondongan plastik itu berisi narkoba dan apakah kejadiannya di Indonesia atau bukan.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen (Pol) Sulistyo Pudjo mengungkapkan bahwa dirinya mengetahui video itu bukan berasal dari Indonesia, karena tersiar di stasiun radio Jacarandafm yang disiarkan pada Selasa (17/9/2019).

"Sudah ketahuan, (kejadiannya) di Nigeria. Saya juga tahunya dari berita Nigeria www.jacarandafm.com dengan judul 'Drugs Inside Cooked Meat'," ujar Pudjo saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (20/9/2019).

Selain itu, Pudjo menjelaskan bahwa awal video itu menjadi viral di media sosial, karena diunggah oleh pengguna Twitter bernama Yusuf Abramjee, @Abramjee pada Senin (16/9/2019).

"How criminals smuggle drugs! (Bagaimana penjahat menyelundupkan narkoba)," tulis Abramjee dalam twitnya.

Video itu sampai diberitakan di stasiun radio Afrika Selatan, Jacarandafm.

Dikutip dari Jacarandafm, disebutkan bahwa cara menyelundupkan narkoba yang terekam dalam video viral ini belum pernah terlihat sebelumnya.

Narkoba itu digulung dalam paket plastik kecil dan dimasukkan dalam daging yang dimasak dengan bumbu kari.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com