Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Ibu Kota Jabar Pindah, Ini Alasan Hingga Calon Lokasinya

Kompas.com - 30/08/2019, 06:00 WIB
Nur Rohmi Aida,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ibu Kota Jawa Barat yang saat ini berada di Bandung, diakui Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sedang diwacanakan untuk dipindah.

Gubernur yang kerap dipanggil Kang Emil tersebut mengatakan bahwa wacana tersebut muncul ketika ia menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII awal pekan lalu.

"Kemarin RTRW Jabar sudah disahkan untuk sampai 2029. Di dalamnya Rebana sudah masuk kan, penataan jalur transportasi sudah masuk, termasuk persetujuan wacana pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," ujarnya di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (29/8/2019).

Alasan dipindah

Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat, menurut Emil diperlukan lantaran secara fisik Kota Bandung sudah tak lagi mendukung sebagai pusat pemerintahan provinsi.

"Karena pada dasarnya, secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan," ujarnya.

Emil juga menilai lokasi kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang tak tersentralisasi juga menjadi hambatan. Adapun, kajian soal perencanaan ini akan mulai dilakukan enam bulan ke depan.

"Contohnya kantor pemerintahan cek-clok (terpisah-pisah) dan tidak produktif. Kajian dilaksanakan enam bulan ke depan, nanti media dikabari lagi," ujarnya.

Rencana pemindahan Ibu Kota Jawa Barat ke luar Bandung disebut Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanandi tercetus dari keluhan Wakil Gubernur Jabar UU Ruzhanul Ulum lantaran sulit memanggil SKPD karena posisi kantor yang tersebar.

Daddy yang juga Wakil Ketua Pansus VII mengatakan, DPRS tak keberatan dengan rencana tersebut. Namun ia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk mengkaji secara komprehensif sebagai dasar pemindahan ibu kota provinsi.

Baca juga: Soal Rencana Pemindahan Ibu Kota Jabar, Ini Alasan Ridwan Kamil

Lokasi yang dipilih

Ridwan Kamil mengusulkan mengenai tiga lokasi yang akan menggantikan posisi Bandung sebagai ibu kota provinsi.

Lokasi tersebut adalah Tegalluar yang berada di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan sekitar wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka).

Tegalluar dan Walini diusulkan lantaran sebelumnya ke dua kawasan ini merupakan wilayah pengembangan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.

Sedangkan wilayah Rebana saat ini merupakan wilayah pengembangan ekonomi baru Jabar.

"Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana juga. Terbuka sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu. Indikatornya, semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lain-lain," papar Emil.

Beberapa kelemahan calon Ibu Kota Jabar

Ketua Pansus VIII DPRD Jabar, Herlas Juniar mengatakan bahwa ketiga lokasi yang diusulkan memiliki dampak positif dan negatifnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com