Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 September Hari Olahraga Nasional, Bersama Cetak Juara

Kompas.com - 09/09/2022, 14:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional setiap tanggal 9 September.

Hari Olahraga nasional berbasis Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67/1985.

Hari Olahraga Nasional acap mendapat singkatan Haornas.

Sebagai pihak yang paling berkepentingan, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memberikan penghargaan kepada atlet dan pelatih pengharum nama bangsa setiap peringatan Haornas.

Baca juga: 45 Link Download Twibbon Hari Olahraga Nasional 2022

Cetak juara

Pemprov DKI Jakarta gratiskan fasilitas olahraga yang dikelola Dispora DKI dalam rangka HaornasPemprov DKI Jakarta Pemprov DKI Jakarta gratiskan fasilitas olahraga yang dikelola Dispora DKI dalam rangka Haornas

Haornas, sempat mengalami penundaan lantaran pandemi Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali sudah menetapkan tema Haornas 2022.

Tema itu berbunyi "Bersama Cetak Juara".

Menurut Zainudin Amali, tema ini adalah kelanjutan dari semangat mendorong cita-cita besar prestasi bangsa dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Atltet para-bulu tangkis Indonesia Agus Budi Utomo saat tampil di ajang Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Rabu (24/8/2022).Dok. FOX Atltet para-bulu tangkis Indonesia Agus Budi Utomo saat tampil di ajang Indonesia Para Badminton International 2022 di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Rabu (24/8/2022).

Sehat dan bugar

Anggota tim sepak bola Garuda Indonesia Amputee Football (Garuda Inaf) berlatih di lingkungan Rumah Sakit dr Suyoto, Bintaro, Jakarta Selatan, Sabtu (9/11/2019). Latihan Tim Garuda INAF tersebut untuk mempersiapkan diri untuk berlaga pada Piala Asia Sepak Bola Amputasi 2020 di Malaysia pada Februari tahun depan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Anggota tim sepak bola Garuda Indonesia Amputee Football (Garuda Inaf) berlatih di lingkungan Rumah Sakit dr Suyoto, Bintaro, Jakarta Selatan, Sabtu (9/11/2019). Latihan Tim Garuda INAF tersebut untuk mempersiapkan diri untuk berlaga pada Piala Asia Sepak Bola Amputasi 2020 di Malaysia pada Februari tahun depan.

Tentang Haornas, Dr. Mury Kuswary, SPd, MSi, Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga & Kebugaran Indonesia (ANOKI) punya pandangan.

Haornas dapat menjadi momentum semua insan olahraga maupun masyarakat umum menggaungkan kembali semangat rutin berolahraga.

Kebiasaan rutin berolahraga terbukti membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Mury Kuswary mengingatkan dukungan asupan gizi yang baik membuat tubuh menjadi lebih sehat serta bugar.

Atlet renang Indonesia Gede Siman Sudartawa (Siman) peraih medali perunggu nomor cabang olahraga renang gaya punggung putra 50 meter pada SEA Games Vietnam 2021.

Siman menjadi bagian dalam program Winning Meals Kachimeshi Ajinomoto. 

Ajinomoto Atlet renang Indonesia Gede Siman Sudartawa (Siman) peraih medali perunggu nomor cabang olahraga renang gaya punggung putra 50 meter pada SEA Games Vietnam 2021. Siman menjadi bagian dalam program Winning Meals Kachimeshi Ajinomoto.

Di masa kini, pembinaan atlet juga menjadi bagian kepedulian banyak pihak, termasuk Ajinomoto Indonesia.

Ajinomoto memiliki program unggulan pengembangan kebutuhan atlet maupun pegiat olahraga dengan "Winning Meals Kachimeshi".

Program ini merupakan adaptasi dari Victory Project® di Jepang.

Program ini berwujud bimbingan terkontrol dari nutrisionis olahraga, pemberian menu makanan dan gizi yang disesuaikan.

Pada awalnya, program ini bertujuan mewujudkan kinerja yang lebih baik dari atlet nasional agar dapat berbicara banyak dan menjadi juara di kancah internasional.

Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa masih melakukan latihan intensif pagi dan sore setiap hari jelang Olimpiade Tokyo.
Kachimeshi Ajinomoto Indonesia Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa masih melakukan latihan intensif pagi dan sore setiap hari jelang Olimpiade Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com