Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Soekarno Dipilih Menjadi Presiden?

Kompas.com - 11/09/2021, 11:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasca-proklamasi kemerdekaan Indonesia, Soekarno diangkat sebagai Presiden pertama Indonesia tanggal 18 Agustus 1945.

Alasan mengapa Soekarno menjadi Presiden Indonesia adalah karena ia dipilih secara aklamasi oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). 

Soekarno dianggap memiliki karakter pemimpin yang sangat dibutuhkan pada masa perjuangan.

Di mana saat itu Indonesia membutuhkan seseorang yang dapat menggerakkan rakyat Indonesia untuk sama-sama mempertahankan kemerdekaan. 

Baca juga: Biografi Soekarno, Pahlawan Proklamator yang Gemar Cerita Pewayangan

Terpilihnya Soekarno Sebagai Presiden Indonesia

Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, PPKI melakukan sidang untuk menyusun pemerintahan Indonesia yang baru. 

Sidang tersebut dilakukan tanggal 18 Agustus 1945 yang bertempatkan di Gedung Cuo Sangi In, sekarang bernama Gedung Pancasila, di Jakarta.

Dalam sidang ini, dipilih dua proklamator, yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. 

Mereka berdua dicalonkan oleh Otto Iskandardinata. 

Terpilihnya Soekarno sebagai Presiden Indonesia sendiri berdasarkan dari aklamasi, keputusan bulat tanpa perhitungan suara, karena tidak ada calon lain yang diajukan. 

Selain itu, Soekarno dipilih juga berkat jasa-jasa yang sudah ia berikan kepada Indonesia, terutama sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia. 

Soekarno juga konsisten memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sejak puluhan tahun sebelum Indonesia dinyatakan merdeka tahun 1945. 

Selain itu, Soekarno juga merupakan tokoh yang paling menonjol selama persiapan kemerdekaan di Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). 

Peristiwa pertama ketika Soekarno menyampaikan gagasannya mengenai Pancasila, tanggal 1 Juni 1945, telah membuat para anggota Sidang BPUPKI merasa kagum. 

Soekarno juga memiliki karakter pemimpin yang sangat dibutuhkan pada masa perjuangan, ketika Indonesia masih dalam ancaman pendudukan Belanda dan Sekutu.

Saat itu, Indonesia membutuhkan seseorang yang mampu menggerakkan seluruh rakyat Indonesia untuk turut serta mempertahankan kemerdekaan. 

Dari karakteristik dan jasa-jasanya, maka Soekarno pun dipilih untuk menjadi Presiden Indonesia pertama.

Presiden Soekarno terus menjabat sebagai presiden sampai diturunkan dari jabatannya dalam Sidang MPRS tahun 1967, seusai krisis politik selepas Peristiwa 30 September. 

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara Menurut Soekarno

Referensi: 

  • A, Setiadi. (2013). Soekarno Bapak Bangsa, Yogyakarta: Palapa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com