Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI X IOF Challenge 2024 Tuntas, Kolaborasi Majukan Offroad Tanah Air

Kompas.com - 13/05/2024, 09:08 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Kejuaraan otomotif IMI X IOF Challenge 2024 di Sirkuit Purangga Park, Kebumen, Jawa Tengah pada 10-12 Mei, telah selesai dilaksanakan.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, memberikan apresiasi atas dilaksanakannya ajang tersebut.

Bambang mengatakan, IMI X IOF Challenge 2024 merupakan komitmen pihaknya bersama Indonesia Offroad Federation (IOF) untuk memajukan offroad di Tanah Air.

Maka dari itu, ia sangat senang dengan antusiasme yang ditunjukkan para offroader dan masyarakat dalam kejuaraan ini.

Terlebih lagi, IMI X IOF Challenge 2024 adalah kejuaraan perdana yang digelar bersama antara kedua federasi tersebut.

Dalam kejuaraan yang memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah dan trofi ini ada dua kategori yang dipertandingkan, yakni IMI Adventure Offroad Non Winching yang terdiri dari kelas G1, G2, G3, dan G4, kemudian IOF Adventure Offroad Winching yang terbagi dalam kelas Adventure Offroad Individual Winching (Kelas FFA) dan Adventure Offroad Team Winching (beregu).

Baca juga: Even Offroad Bertajuk IMI X IOF Challenge Akan Bergulir di Kebumen

"Saya selaku Ketua Umum IMI sangat mengapresiasi event kolaborasi antara IMI dan IOF di Kebumen, Jawa Tengah, ini. Dengan digelarnya event bertajuk IMI X IOF Challenge 2024, semoga tali silaturahmi tetap terjaga dan sinergi antarkomunitas offroad di Indonesia semakin guyup dan solid," kata Bamsoet, sapaan karib Bambang, dalam keterangan pers yang diterima.

"Harapannya, event offroad kian semarak. Baik yang digelar oleh IMI maupun IOF, atau akan ada lagi gelaran kolaborasi jilid selanjutnya," ucap Bambang, yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI.

Adapun Ketua Umum IOF, Sam Budigusdian. mengatakan, IMI X IOF Challenge 2024 bukan sekadar kejuaraan, melainkan juga sebagai tempat berkumpulnya dan bertemunya para pencinta offroad yang berada di Tanah Air.

"Ini menunjukkan IMI dan IOF telah berkolaborasi dan sepakat untuk sama-sama memajukan dunia offroad di Indonesia. Para penggiat offroad di seluruh Indonesia baik IMI maupun IOF dan para volunteer setiap ada bencana, kita akan sama-sama bahu-membahu turun membantu sesama untuk membantu melakukan penyelamatan dan pertolongan," ujar Sam.

"Ini wujud kolaborasi dan silaturahmi kedua induk organisasi olahraga offroad di Indonesia," kata Sam menambahkan.

Baca juga: Debut Valentino Rossi di Balap Mobil GT WCE, Peringkat ke-17 dan Sempat Kelewatan Pit Stop!

Pada IMI X IOF Challenge 2024, penyelenggara juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang berada di sekitar sirkuit. Tujuannya supaya warga turut merasakan manfaat dari diselenggarakannya kejuaraan tersebut.

"Saya kira event ini sangat penting, momentum yang luar biasa di tahun 2024. IOF bersama IMI berkolaborasi, bersilaturahmi, dan insyaAllah kita melakukan kegiatan bersama ke depan. Tetap semangat mengembangkan dunia offroad di Indonesia," ujarnya.

Terkait hasil IMI X IOF Challenge 2024, untuk kelas IOF Adventure Offroad Individual Winching, Joko Permana dan Sumali dari tim Galena keluar sebagai juara dengan total poin 307. Kemudian, untuk kelas Adventure Offroad Team Winching, 365 HRX Tedong Toraja yang menjadi kampiun dengan total poin 77.

Untuk IMI Adventure Offroad Non Winching di kelas G1, Adnan dan Rifto Orvan dari tim SGWR Transport keluar sebagai juara dengan total poin 390. Lalu, di kelas G2, Wahid Setiawan dan Atip Mustofa dari tim SCA Magelang yang angkat trofi dengan total poin 382.

Beralih ke kelas G3, Naufal Raihan dan Yusuf Ady dari tim 365 HRX menjadi kampiun dengan total poin 380. Kemudian, di kelas G4, Kiky Pidy dan Heri dari tim 365 HRX Tedong Toraja menjadi juara dengan total poin 385.

Berikut hasil lengkap IMI X IOF Challenge 2024:

- IOF Adventure Offroad Individual Winching, Kelas FFA

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com