Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qarrar Firhand Masuk 10 Besar di WSK Championship Cup Round 1

Kompas.com - 23/01/2024, 09:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Pembalap Qarrar Firhand tampil di balapan pembuka 2024 WSK Championship Cup Round 1, di Sirkuit South Garda Karting, Lonato, Italia, pada 18-21 Januari 2024.

Putra mantan pembalap Formula Firhand Ali dan Aimaa Firhand ini mencapai posisi terbaik di 10 besar.

Qarrar Firhand yang akrab disapa Al ini membuktikan diri sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih posisi terbaik di ajang professional ini dengan finis 10 besar.

Pada Balapan yang ikuti oleh 66 pegokart di kelas Junior dari berbagai negara ini, juga merupakan salah satu rangkaian WSK series yang merupakan kompetisi balap gokart tertinggi di Eropa.

Mulai balapan sejak Jumat (19/1/2024), Qarrar Firhand menempati posisi ke 14 dari hasil sesi qualifying practice 1.

Baca juga: Inter Juara Piala Super Italia: Inzaghi Ukir Rekor, Tak Ada Resep Khusus

 

Peserta yang terbagi atas 5 grup dan masing-masing grup terdiri atas 24-25 orang yang lantas di perlombakan per 2 grup untuk setiap heat dari total 4 heat yang akan menentukan maju ke babak berikutnya yaitu babak Pre Final.

Pada sesi heat hasil terbaik yang dicapai Qarrar adalah finish di posisi ke 3, dari total 4 heat yang dilombakan.

Sesi Pre Final di mulai pukul 10.44 waktu setempat pada Minggu (21/1/2024), Qarrar yang start dari posisi ke 21 dari 30 pegokart di grup nya harus puas dengan finish di posisi ke 18 karena terkendala mesin.

Total ada 2 grup yang akan memperebutkan posisi 1-17 untuk berhak masuk ke Final.

Pada sesi Final yang dimulai pukul 14.26 waktu setempat di hari yang sama , Qarrar tampil trengginas dan melewati 7 pegokart lain dan finish di posisi ke 10 dari total 35 pegokart yang masuk fina? dengan total catatan waktu 13: 41.247 pada balapan dengan total 17 lap ini.

“Saya yakin bisa Finish di lima besar kalau tak ada kendala mesin. Tapi, itulah, semua bisa terjadi di balapan,” tutur Qarrar Firhand.

Di musim balap 2024 ini Qarrar Firhand, kelahiran 7 Januari 2011 ini bergabung dengan Tim Papan Atas Parolin, yang telah melahirkan pegokart kelas dunia ke jenjang Formula 1 seperti Charles Leclerc dan Esteban Ocon.

Round pertama WSK Championship ini sekaligus jadi ajang latihan bagi Qarrar Firhand jelang tampil di pentas WSK Master putaran pertama di akhir pekan ini yang juga digelar di Sirkuit South Garda, Lonato.

“Insya Allah bisa lebih baik lagi di akhir pekan ini,” tutur sang ayah, Firhand Ali yang mendampingi putranya sepanjang balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com