Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberhasilan Indonesia Gelar Kejuaraan Wushu Junior Disorot Saat Kongres IWUF

Kompas.com - 18/11/2023, 14:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Keberhasilan Indonesia menggelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 menjadi pembicaraan pada Kongres Federasi Wushu Internasional (IWUF).

Kongres Federasi Wushu Internasional berlangsung di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat pada Kamis (16/11/2023).

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Kejuraan Wushu Junior 2022 di Bumi Serpong Damai (BSD).

Ajang bergengsi itu digelar secara langsung setelah pandemi Covid-19. Kondisi itu menjadi sorotan Presiden IWUF, Gou Zhongwen, dalam pidatonya yang dibacarakan oleh Wakil Presiden IWUF, Fok Chun Wan.

Baca juga: Asian Games 2022: Wushu Tambah 1 Perunggu dari Aksi Seraf Naro Siregar

Kehadiran Kejuaraan Wushu Junior Dunia secara langsung pertama setelah pandemi dianggap spesial karena kehadiran Presiden RI, Joko Widodo.

Tak sampai di situ, Gou Zhongwen menyebut antusiasme dan semangat para atlet muda memperlihatkan wushu akan berkembang di seluruh dunia.

PB WI pimpinan Airlangga Hartarto merasa terhormat atas penghargaan IWUF yang mengakui Indonesia sukses menggelar Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 dan menyebut kehadiran Jokowi,” kata Sekjen PB WI, Ngantino, dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

Presiden IWUF Gou Zhongwen juga menjelaskan IWUF secara aktif memanfaatkan peluang pengembangan di era pascapandemi, untuk mempercepat peningkatan kecerdasan.

Baca juga: Timnas Wushu Junior Banjir Prestasi pada Kejuaraan Asia, Kado HUT Ke-78 RI

"Ketika IWUF melanjutkan Program Solidaritasnya, kami mengirimkan sejumlah besar peralatan ke puluhan negara untuk mendukung perkembangan aktivitas wushu di federasi anggota,” kata dia.

“Upaya Anti-Doping kami terus mempopulerkan pendidikan online untuk mempromosikan pengembangan wushu yang bersih.”

Platform media digital dan saluran siaran acara terus memperluas keunggulannya, atau meningkatkan publisitas wushu. Peminat dan penggemar Wushu kini bertambah jutaan di seluruh dunia," ungkapnya.

Baca juga: Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Penataran Juri Internasional Wushu

Menurut Gou Zhongwen, keaktifan IWF mempromosikan penyertaan wushu ke dalam event multi-olahraga sudah mulai terlihat.

"Kami telah menandatangani perjanjian dengan FISU, menjadikan wushu sebagai olahraga resmi, baik di Universiade Musim Panas 2021 maupun Piala Dunia Universitas FISU 2022,” kata dia.

“Wushu juga menampilkan dirinya dengan highlight yang meriah dan mengesankan di Riyadh, Arab Saudi pada World Combat Games 2023. Pada tahun 2021, IWUF menjadi Anggota Penuh International World Games Association (IWGA)," tambahnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com