Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023: Dukungan Presiden AFC untuk Momen Bersejarah Indonesia

Kompas.com - 08/11/2023, 06:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber AFC

KOMPAS.com - Piala Dunia U17 2023 akan menjadi momen bersejarah bagi Indonesia. Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, pun meyakini turnamen kali ini bakal berjalan sukses.

Indonesia akan menjadi tuan rumah edisi ke-19 turnamen Piala Dunia FIFA U17.

Piala Dunia U17 2023 Indonesia bakal digulirkan mulai 10 November sampai dengan 2 Desember.

Baca juga: Endrick: Calon Bintang Real Madrid, Absen di Piala Dunia U17 2023, Dipanggil Timnas Brasil Senior

Sebanyak empat kota yakni Jakarta, Bandung, Surakarta, dan Surabaya telah ditunjuk sebagai penyelenggara lokal Piala Dunia U17 2023.

Adapun arena yang akan digunakan untuk menggelar laga-laga Piala Dunia U17 2023 adalah Jakarta International Stadium atau JIS di Jakarta, Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Bagi Indonesia, Piala Dunia U17 2023 akan menjadi momen bersejarah karena untuk kali pertama mereka menggelar turnamen internasional FIFA.

Indonesia yang menjadi satu-satunya tim debutan Piala Dunia U17 2023 bakal mewakili Asia bersama Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Uzbekistan.

Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa selaku Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun mendoakan lima wakil Asia tersebut dapat meraih hasil sebaik mungkin pada Piala Dunia U17 2023.

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: 5 Wakil Asia, Potensi Kejutan Indonesia

Papan informasi Piala Dunia U17 2023 yang dipasang di depan Stadion Manahan, Solo. Piala Dunia U17 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang. Terkini, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menyebut tiga wasit Indonesia akan bertugas di Piala Dunia U17 2023.KOMPAS.com/Ervan Yudhi Tri Atmoko Papan informasi Piala Dunia U17 2023 yang dipasang di depan Stadion Manahan, Solo. Piala Dunia U17 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023 mendatang. Terkini, Wakil Ketua Umum PSSI, Ratu Tisha, menyebut tiga wasit Indonesia akan bertugas di Piala Dunia U17 2023.

"Atas nama keluarga besar sepak bola Asia, saya ingin mendoakan yang terbaik bagi kelima tim Asia dalam apa yang akan menjadi momen penting dalam sejarah sepak bola dunia," kata Shaikh Salman dikutip dari laman resmi AFC.

"Hanya sedikit tempat di dunia yang memiliki gairah yang begitu besar terhadap permainan yang indah ini selain Indonesia. Kami yakin PSSI, Panitia Penyelenggara Lokal, dan Pemerintah Indonesia akan memberikan panggung yang luar biasa bagi para bintang masa depan untuk bersinar."

"Tim-tim Asia kami telah menunjukkan kepada dunia kemampuan mereka untuk berdiri tegak di arena terbesar dalam sepak bola dunia, seperti yang digarisbawahi dalam Visi dan Misi AFC. Kami memiliki keyakinan bahwa mereka akan menunjukkan bakat mereka yang tak terbantahkan di Indonesia," tutur Shaikh Salman.

Berdasarkan hasil undian babak penyisihan, Indonesia selaku tuan rumah masuk Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Timnas U17 Indonesia bakal mengawali kiprah pada Piala Dunia U17 2023 dengan melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (10/11/2023) malam WIB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com