Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Rifda Irfanaluthfi Tembus Olimpiade 2024, dari Cedera hingga Pembuktian

Kompas.com - 03/10/2023, 19:05 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

KOMPAS.com - Pesenam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, berhasil mengamankan tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Kepastian tiket Olimpiade Paris 2024 dalam genggaman Rifda Irfanaluthfi terwujud setelah dia tampil pada Kejuaraan Senam Dunia 2023 di Antwerp, Belgia, Senin (2/10/2023) malam waktu setempat.

Rifda mendapat tiket Olimpiade melalui jalur realokasi negara tuan rumah. Perancis, selaku tuan rumah Olimpiade mendatang, telah mendapatkan tiket lebih dulu melalui beregu putri.

Dikutip di laman Olympic, Rifda mendapat tiket tampil Paris lewat realokasi kuota tuan rumah.

Baca juga: Rifda Irfanaluthfi Lolos ke Olimpiade Paris 2024, Ukir Sejarah untuk Senam Indonesia

Sebagai informasi, Perancis sudah meloloskan atletnya melalui jalur kualifikasi tim putri sehingga jatah tiket tampil yang dimiliki tuan rumah diberikan kepada atlet yang rankingnya mendekati cut off kualifikasi Olimpiade.

Rifda yang turun di nomor all around putri menempati ranking 52 dengan perolehan nilai 49,932. Ia terpaut 8,933 poin dari pesenam Amerika Serikat Simone Billes yang berhak atas medali emas.

Rifda pun mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang bisa tampil pada ajang Olimpiade.

Baca juga: Ketua PB Persani Sebut Pemerintah Dukung Rifda Lolos Olimpiade 2024

Ketua Umum PB Persani, Ita Yuliati, yang mendampingi Rifda di Belgia mengaku bersyukur dengan hasil yang diperoleh Rifda. 

"Alhamdulillah cita-cita kami, PB Persani, dan juga Rifda berhasil terpenuhi. Gymnastic Indonesia bisa mencatatkan sejarah tampil di Olimpiade," kata Ita dalam keterangan dari Gymnastic Indonesia, Selasa (3/10/2023). 

"Kami berterima kasih kepada pemerintah, yakni dalam hal ini Kemenpora, NOC Indonesia, KONI, dan pihak-pihak lainnya yang turut membantu perjuangan gymnastic bisa tampil di Olimpiade," tuturnya.

"Semoga dengan hasil ini, ke depannya kami bisa mendapatkan fasilitas training sehingga atlet-atlet kami bisa berlatih dengan optimal," kata Ita.

Selain itu, Ita mengatakan, Persani sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi Rifda. Sebagai informasi, Rifda mengalami cedera lutut ketika turun di alat uneven bar nomor pertandingan all around putri.

Baca juga: Perjuangan Rifda Irfanaluthfi: Melawan Keterbatasan Berujung 2 Medali Emas SEA Games 2021

"Rifda sudah menyelesaikan semua nomor di all around. Hanya saja, ketika turun di alat uneven bar, Rifda mengalami cedera lutut pada saat mendarat. Semalam kami langsung melakukan XRay dan alhamdulillah tidak ada fracture dan lututnya tidak dislokasi," ucapnya.

"Semalam Rifda sudah diperbolehkan pulang ke hotel. Semoga Rifda bisa segara pulih dan melanjutkan pelatihannya kembali," kata Ita. 

Pembuktian Rifda

Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) pun mengapresiasi keberhasilan Rifda Irfanalutfi yang sukses mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024. NOC mengatakan, Rifda telah memberi pembuktian.

"Selamat untuk Rifda dan PB Persani, yang dipimpin oleh Ita Yuliati. Tahun lalu, Rifda yang didampingi Ita sempat datang ke Kantor NOC Indonesia," ucap Ketum NOC Raja Sapta Oktohari.

"Rifda mengatakan kepada saya ingin menjadi pesenam Indonesia pertama yang lolos Olimpiade. Dia membuktikannya. Ini adalah kabar bahagia di tengah perjuangan atlet-atlet tim Indonesia lainnya yang tengah tampil di Asian Games Hangzhou," kata Okto, sapaan Raja Sapta.

Baca juga: Rifda Borong 2 Emas di SEA Games 2021, Olimpiade Jadi Target Selanjutnya

Hingga saat ini, Indonesia telah mengamankan tiga tiket Olimpiade Paris.

Selain Rifda, Indonesia juga telah mendapatkan kuota tampil untuk nomor recurve individu putra cabang olahraga panahan dan speed sport climbing putri melalui atlet Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com