Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas MMA Indonesia Tampil di Kejuaraan Dunia

Kompas.com - 29/09/2023, 21:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Timnas MMA Indonesia tampil dalam Kejuaraan Dunia U18 MMA di Kota Alexandroupolis, Yunani, 29-30 September 2023.

Atlet yang turun dalam ajang ini adalah Jibril Al Dhirgam (12 tahun) dalam kategori 43kg, Lintang Satyaputra (14 tahun) kategori 63kg, Rizki (15 tahun) kategori 49kg, dan Surya Sihotang (17 tahun) kategori 56kg.

Keempatnya didampingi dua pelatih, yakni Adrieyani Mandey dan Agus nanang Sunarya.

Momen ini jadi kali pertama bagi mixed martial arts Amatir Indonesia berpatisipasi di kejuaraan dunia U18 ini lewat Pertacami (Persatuan Tarung Campuran Indonesia).

Baca juga: One Pride MMA 72, Ambisi Si Rahang Besi

Sebelum berangkat ke Yunani, mereka mendapat materi latihan selama 3 minggu di Club BFA (Bandung fighting Academy) yang dipegang oleh pelatih BFA, termasuk Yani Mandey dan Agus Nanang.

Nantinya, mereka akan bersaing dengan 15 negara yang ikut bagian. Yakni Azerbaijan, Republik Ceko, Mesir, Yunani, India, Irlandia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Slovakia, Spanyol, Peru, Thailand, Tunisia, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Kejuaraan dunia ini diikuti 200 atlet dari 16 negara.

"Ini akan menjadi pengalaman pertama mereka berkompetisi di kompetisi internasional, dan pengalaman yang lebih dari sekadar upaya untuk memenangkan medali akan menjadi faktor motivasi utama," kata Ketua Umum (Ketum) PB Pertacami Tommy Paulus Hermawan.

Penyelenggara lokal, Anggota GAMMA di Yunani, dan Federasi Gulat Hellenic telah bekerja sangat keras untuk menyelenggarakan acara ini setelah terjadinya kebakaran hutan yang dahsyat di wilayah tersebut bulan lalu.

“Ini pertama kalinya kami menyelenggarakan acara di Yunani, dan saya sangat bersyukur meskipun ada banyak tantangan dalam beberapa bulan terakhir, penyelenggara masih bersedia menyambut komunitas GAMMA di Alexandroupolis," kata Presiden GAMMA Alexander Engelhardt. 

"Memberikan kesempatan berkompetisi bagi para atlet muda kita merupakan bagian integral dari perkembangan mereka dalam olahraga ini dan saya berharap semua orang akan menikmati acara ini dan mengambil kesempatan untuk belajar satu sama lain serta berbagi perspektif dan pengalaman dari negara mereka masing-masing. Saya menantikan hari-hari menyenangkan bersama di Yunani,” ujarnya menambahkan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com