Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Ketika Dua GOAT Bersinar di Luar Eropa

Kompas.com - 10/08/2023, 10:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tetap menunjukkan sinarnya meski kini bermain di luar Eropa. Ronaldo tajam bersama Al Nassr, sedangkan Messi menjadi bintang baru Inter Miami.

Dua pesepak bola yang kerap disebut sebagai Greatest of All Time (GOAT) atau Terhebat Sepanjang Masa, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, kini tak lagi merumput di Eropa.

Ronaldo lebih dulu meninggalkan gemerlap panggung sepak bola Benua Biru. CR7 pindah ke Arab Saudi usai menerima tawaran Al Nassr pada akhir 2022 lalu.

Tahun ini, giliran Lionel Messi yang pergi dari Eropa. La Pulga terbang menuju Amerika Serikat untuk memulai petualangan baru bersama Inter Miami.

Baca juga: Hasil Al Shorta Vs Al Nassr 0-1: Ronaldo Cetak Gol Lagi, ke Final Jumpa Al Hilal

Tetap bersinar di benua baru

Pada paruh kedua musim lalu, Cristiano Ronaldo sukses mengemas 14 gol dari 19 penampilan di semua kompetisi bagi Al Nassr.

Meski mampu tampil tajam, Ronaldo gagal memberikan satu pun trofi kepada klub barunya itu.

Memasuki musim baru, megabintang asal Portugal itu tetap bisa menjaga ketajamannya.

CR7 berhasil mencetak empat gol dari lima penampilan awal bersama Al Nassr pada ajang Arab Club Champions Cup 2023.

Empat gol tersebut ia cetak dalam empat pertandingan terakhir yakni ke gawang Monastir, Zamalek, Raja Casablanca, dan terkini Al Shorta.

Satu gol Ronaldo ke gawang Al Shorta membantu Al Nassr melaju ke final Arab Club Champions Cup 2023 untuk menantang Al Hilal.

Bintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Al Shorta dalam laga semifinal Arab Club Champions Cup 2023 yang digelar di Stadion Prince Sultan bin Abdul Aziz, Abha, pada Rabu (9/8/2023) malam WIB. Al Nassr menang 1-0 dan akan melawan Al Hilal di partai final.AFP/ABDULLAH MAHDI Bintang Al Nassr, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Al Shorta dalam laga semifinal Arab Club Champions Cup 2023 yang digelar di Stadion Prince Sultan bin Abdul Aziz, Abha, pada Rabu (9/8/2023) malam WIB. Al Nassr menang 1-0 dan akan melawan Al Hilal di partai final.

Di belahan bumi lain, Lionel Messi juga menunjukkan sinarnya. La Pulga kini telah menjelma menjadi bintang baru di Amerika Serikat.

Messi tak butuh waku lama untuk menikmati hidup baru di Negeri Paman Sam bersama Inter Miami.

Sejak debutnya melawan Cruz Azul pada 21 Juli lalu, Messi sejauh ini sudah mengoleksi tujuh gol bagi Inter Miami.

Dalam tiga pertandingan pamungkas, Messi bahkan selalu membukukan dua gol termasuk brace ke gawang FC Dallas pada laga babak 16 besar Piala Liga, Senin (7/8/2023).

Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol kemenangan dalam laga Inter Miami vs Cruz Azul pada ajang Leagues Cup di Stadion DRV PNK, Fort Lauderdale, Florida, Sabtu (22/7/2023).GETTY IMAGES NORTH AMERICA/Getty Images via AFP/MIKE EHRMANN Selebrasi Lionel Messi usai mencetak gol kemenangan dalam laga Inter Miami vs Cruz Azul pada ajang Leagues Cup di Stadion DRV PNK, Fort Lauderdale, Florida, Sabtu (22/7/2023).

Baca juga: Efek Messi di Inter Miami: Picu Perhatian Dunia, Guncang Sepak Bola Amerika

Kehadiran Messi memang langsung memberikan dampak besar bagi Inter Miami. 

Sebelum Messi datang, klub milik David Beckham itu bahkan tak pernah menang dalam enam pertandingan beruntun di semua kompetisi.

Kini, setelah Messi datang, Inter Miami kembali akrab dengan kemenangan.

Meski level sepak bola Amerika Serikat dianggap masih di bawah Eropa, performa apik dan aksi-aksi magis Messi di lapangan tetap menjadi pusat perhatian.

Seperti Cristiano Ronaldo di Asia, Lionel Messi kini coba menaklukkan benua baru setelah menggoreskan tinta emas di panggung sepak bola Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com