Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasit Final Piala Dunia 2022 Jadi Pengadil Partai Puncak Liga Champions Man City Vs Inter

Kompas.com - 24/05/2023, 07:45 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Szymon Marciniak resmi ditunjuk menjadi wasit pertandingan final Liga Champions 2022-2023 yang mempertemukan Manchester City dengan Inter Milan.

UEFA selaku induk sepak bola Eropa secara resmi mengumumkan nama wasit laga final Liga Champions 2023 pada Selasa (23/5/2023).

Dalam keterangan resminya, UEFA menunjuk Szymon Marciniak untuk menjadi pengadil laga Man City vs Inter pada final kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

"Komite Wasit UEFA telah menunjuk Szymon Marciniak untuk menjadi wasit final Liga Champions 2023 antara Manchester City FC dan FC Internazionale Milano yang berlangsung di Ataturk Olympic Stadium di Istanbul, Turki, pada 10 Juni" tulis UEFA di laman resmi mereka.

Baca juga: Final Liga Champions Man City Vs Inter, Ucapan Rooney dan Zanetti Jadi Nyata

Szymon Marciniak merupakan wasit berpengalaman UEFA dan sudah mengantongi lisensi FIFA sejak 2011.

Musim ini, pria asal Polandia itu telah memimpin tujuh laga babak utama Liga Champions.

Dua finalis, Man City dan Inter Milan sama-sama telah merasakan pertandingan yang dipimpin pengadil berusia 42 tahun tersebut.

Inter merasakan laga dengan Szymon Marciniak sebagai wasit saat melawan Barcelona di fase grup dan FC Porto pada babak 16 besar.

Sementara itu, laga Man City yang dipimpin Marciniak adalah saat mereka melibas Real Madrid dengan skor 4-0 pada leg kedua semifinal.

Baca juga: Edin Dzeko Sambut Final Liga Champions: Sampai Jumpa di Istanbul, Man City!

Selain berpengalaman memimpin laga-laga Liga Champions, Marciniak juga pernah menjadi pengadil dua pertandingan UEFA Nations League musim ini.

Selain itu, Marciniak juga sempat dipercaya memimpin pertandingan di luar Eropa, seperti di Mesir dan Arab Saudi.

Marciniak juga merupakan wasit laga final Piala Dunia 2022 Qatar antara Argentina dan Perancis.

Wasit Szymon Marciniak ketika memimpin laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina da Australia di Stadion Ahmad Bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, pada 3 Desember 2022. Terkini, Szymon Marciniak dipercaya menjadi wasit utama pada final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Perancis.AFP/ODD ANDERSEN Wasit Szymon Marciniak ketika memimpin laga 16 besar Piala Dunia 2022 antara Argentina da Australia di Stadion Ahmad Bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, pada 3 Desember 2022. Terkini, Szymon Marciniak dipercaya menjadi wasit utama pada final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Perancis.

Baca juga: Man City ke Final Liga Champions, Grealish dan Pep Berselisih Pendapat

Adapun partai Man City vs Inter Milan pada final Liga Champions 2023 bakal digelar di Stadion Ataturk, Istanbul, pada Sabtu (10/6/2023) malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Manchester City besutan Josep "Pep" Guardiola berambisi memenangi Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah klub.

Di kubu Inter, armada Simone Inzaghi mengincar gelar keempat di panggung tertinggi Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com