Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Adinata ke Babak Utama Malaysia Masters 2023: Atasi Tekanan Tuan Rumah, Berakhir Kram

Kompas.com - 23/05/2023, 22:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber PBSI

KOMPAS.com - Christian Adinata harus berjuang keras untuk menembus babak utama Malaysia Masters 2023. Perjuangan Adinata mengatasi tekanan tuan rumah berakhir kram pada akhir laga.

Tunggal putra Christian Adinata menjadi salah satu wakil Indonesia yang berlaga pada turnamen bulu tangkis Malaysia Masters 2023.

Adapun rangkaian pertandingan hari pertama turnamen BWF World Tour level Super 500 tersebut digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, pada Selasa (23/5/2023).

Christian Adinata yang kini menduduki ranking 57 dunia mengawali kiprah pada Malaysia Masters 2023 dari babak kualifikasi.

Baca juga: Hasil Malaysia Masters 2023, Christian Adinata dan Trias/Rachel Melaju ke Babak Utama

Pada babak 16 besar kualifikasi, Adinata sukses mengalahkan tunggal putra Jerman, Kai Schaefer, dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 21-8.

Kemenangan tersebut membuat Adinata melaju ke perempat final kualifikasi untuk menghadapi tunggal putra tuan rumah, Sholeh Aidil.

Adinata kehilangan gim pertama usai kalah 16-21. Namun, pada dua gim berikutnya ia mampu bangkit.

Pebulu tangkis berusia 21 tahun itu merebut gim kedua 21-15 lalu memenangi gim ketiga dengan skor tipis 22-20.

Baca juga: Malaysia Masters 2023: Awal Bagus Apriyani/Fadia di Jalur Menuju Olimpiade Paris

Pertandingan kontra Sholeh Aidil memang tidak mudah bagi Adinata. Sebab, ia juga harus melawan tekanan publik tuan rumah di Axiata Arena.

Laga panjang selama 1 jam 17 menit itu pun berakhir dengan kram yang dirasakan Adinata.

"Pertama mengucap syukur puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan dengan maksimal walaupun harus berakhir kram," kata Adinata melalui siaran pers PBSI yang diterima Kompas.com.

"Pertandingan tadi cukup sulit untuk saya karena kita tahu tidak mudah melawan tuan rumah apalagi ditambah dengan supporter lawan yang begitu antusias sekali untuk mendukung atlet-atletnya," beber Adinata.

Atlet kelahiran Pati, Jawa Tengah, itu menambahkan bahwa kram ia rasakan di paha kanan dan kiri.

Baca juga: Hasil Lengkap Malaysia Masters 2023: Fajar/Rian Gugur di Babak Awal

"Tadi setelah bermain dengan durasi yang cukup panjang, saya mengalami kram di bagian paha kiri dan kanan."

"Hari ini memang tidak mudah untuk saya karena harus main dua kali sehari apalagi lawannya juga sudah sama-sama rata semua," imbuh Adinata.

Selanjutnya pada babak utama alias 32 besar Malaysia Masters 2023, Christian Adinata akan menghadapi tunggal putra Thailand, Kantaphon Wangcharoen.

Adinata menegaskan, kini ia fokus untuk pemulihan sebelum melakoni laga babak 32 besar.

"Persiapannya sekarang yang penting dari makan dan istirahat yang cukup, untuk besok kita pikirkan besok saja yang paling penting kondisi saya bisa cepat pulih dulu," ujar Adinata.

Laga-laga lanjutan babak 32 besar Malaysia Masters 2023 bakal kembali digelar di Axiata Arena pada Rabu (24/5/2023) pagi WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com