Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Thailand Usai Ricuh Sepak Bola SEA Games: Dihukum Klub dan Timnas 6 Bulan, Gaji Dipangkas

Kompas.com - 23/05/2023, 19:55 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Hukuman untuk Thirapak Prueangna tak hanya datang dari Federasi Sepak Bola Thailand (FA Thailand). Gelandang berusia 21 tahun itu juga dijatuhi hukuman oleh klubnya, Buriram United.

FA Thailand menjatuhkan hukuman kepada dua pemain, dua ofisial, dan pelatih kiper tim U22 mereka usai terlibat dalam kericuhan pada laga final sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja kontra Indonesia.

Dilansir dari New Strait Times, FA Thailand mengumumkan hukuman untuk anggota skuad U22 Gajah Perang pada Selasa (23/5/2023).

Dua pemain timnas U22 Thailand yakni kiper Soponwit Rakyart dan gelandang Thirapak Prueangna dihukum tak boleh membela tim nasional selama enam bulan.

Baca juga: Ricuh Final Sepak Bola SEA Games 2023: 2 Pemain Thailand Dihukum 6 Bulan, Ofisial Diskors Setahun

Soponwit Rakyart mendapat kartu merah karena memukul bek timnas U22 Indonesia, Komang Teguh Trisnanda, saat terjadi kericuhan.

Sementara itu, Thirapak Prueangna juga terlibat dalam kericuhan meski dalam laga kontra Indonesia ia hanya duduk di bangku cadangan dan tidak bermain.

"Mereka yang terlibat dalam insiden itu berada di bawah tekanan laga dan telah meminta maaf, dan mereka masih muda. Inilah alasan untuk mengurangi hukuman mereka," demikian keterangan resmi FA Thailand.

Nasib Thirapak Prueangna semakin apes karena hukuman yang ia terima tidak hanya datang dari federasi.

Klub Thirapak, Buriram United, juga menghukum pemain yang dipinjamkan ke klub Liga 2 Thailand, Ayutthaya United, tersebut.

Baca juga: Imbas Kerusuhan Final SEA Games, Manajer Timnas Thailand Mundur

Akun Twitter @ThaiFootballs menyebut, Thirapak juga diskors selama enam bulan oleh Buriram United dan gajinya dipangkas 25 persen selama periode hukuman tersebut.

Selain menghukum dua pemainnya, FA Thailand juga menjatuhkan skorsing kepada pelatih kiper dan dua orang ofisial skuad U22 Gajah Perang.

Pelatih kiper dan dua ofisial timnas U22 Thailand tersebut dijatuhi hukuman berupa larangan berkecimpung di semua level sepak bola Thailand selama satu tahun.

"Tim pencari fakta dengan suara bulat sepakat bahwa sebagai orang dewasa, pelatih kiper dan ofisial tim harus cukup dewasa untuk mengendalikan dan memberi contoh yang baik bagi para pemain yang berusia di bawah 22 tahun," kata FA Thailand dalam keterangan resmi mereka.

Adapun partai final sepak bola putra SEA Games 2023 yang digelar di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, pada Selasa (16/5/2023) dimenangi Indonesia dengan skor 5-2 melalui babak extra time.

Lima gol Indonesia masing-masing dicetak oleh Ramadhan Sananta (20' dan 45'+5), Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathur Rahman (107'), serta Beckham Putra Nugraha (120').

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com