Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Perunggu SEA Games 2023, PB IKASI Siap Lakukan Evaluasi Total

Kompas.com - 16/05/2023, 15:30 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia meraih medali perunggu SEA Games 2023 cabang olahraga anggar.

Atlet anggar Tanah Air mengalahkan Brunei 45-38 dalam laga perebutan peringkat ketiga di Hall B Throy Changvar, Phnom Penh, Kamboja pada Senin (15/5/2023).

Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI), Firtian Judiswandarta mengungkapkan akan melakukan evaluasi dan perbaikan tata kelola organisasi usai hasil di SEA Games 2023.

"Kami akan lakukan evalusi mekanisne Pelatnas juga perbaikan tata kelola organisasi menjadi agenda utama PB IKASI dalam rangka meningkatkan prestasi anggar Indonesia ke depan," kata pria yang kerap disapa Judis, dilansir dari keterangan pers yang diterima Kompas.com.

"Pak Amir Yanto selaku Ketua Umum PB IKASI sudah menyetujui agenda utama tersebut yang bertujuan mengembalikan kejayaan anggar Indonesia," sambungnya.

Baca juga: Demi Target 2 Emas di SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Anggar Indonesia TC di Hungaria

Judis memaklumi raihan satu medali perunggu dalam ajang SEA Games tahun ini karena merasa banyaknya rintangan yang dilalui selama masa persiapan jelang ajang multiolahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Rintangan yang dimaksud Judis seperti adanya halangan atlet anggar berprestasi bergabung ke dalam Timnas Anggar Indonesia dan waktu Training Camp (TC) di Hungaria yang dirasa masih jauh dari kata cukup.

"Adanya atlet dihalangi bergabung ke pelatnas membuat kekuatan timnas anggar Indonesia berkurang. Begitu juga singkatnya jadwal pelatnas dan TC di Hungaria ikut mempengaruhinya," tutur Judis.

Oleh sebab itu, Judis meminta beberapa stakeholder seperti Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dan Kemenpora mempertimbangkan keseriusan PB IKASI untuk tampil di Asian Games 2023, Hangzhou, China pada September mendatang.

Baca juga: Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Mantap di Posisi Tiga Besar

"PB IKASI akan mengirimkan timnas anggar Indonesia menjalani TC di Korea Selatan atau China yang sudah melahirkan juara dunia," jelas Judis.

"Saya sudah menghubungi federasi anggar Korsel dan China untuk TC itu dan kedua negara juga sudah setuju," tandasnya.

Raihan medali perunggu di SEA Games 2023 Kamboja dari cabang anggar jauh lebih baik bila dibandingkan kala mengikuti ajang ini pada 2021.

Sebelumnya, timnas anggar Indonesia gagal mempersembahkan medali kala bertanding di SEA Games 2021 Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com