Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cycling de Jabar 2023, Titik Start-Finis, Dua Etape Sepanjang 368 Km

Kompas.com - 04/05/2023, 16:40 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cycling de Jabar, event bersepeda melintasi rute Jawa Barat bagian selatan, sukses pada tahun pertama di 2022. 

Kali ini, Cycling de Jabar kembali digelar tahun 2023 dengan tema "Nyambungkeun Sumanget" (Menyebarkan Semangat).. 

Cycling de Jabar adalah ajang balap sepeda jarak jauh yang digelar oleh Harian Kompas berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Bank bjb. 

Tujuannya ialah guna mempromosikan potensi baik dari pariwisata, ekonomi, kesenian, dan kebudayaan di wilayah pesisir Jawa Barat bagian selatan. 

Baca juga: Cycling de Jabar 2023, Kolaborasi Sport Tourism Bangkitkan Ekonomi-Pariwisata

Para peserta balap sepeda nantinya akan menyusuri rute Selatan Jawa Barat sepanjang 368,3 km, terbagi menjadi dua etape, digelar 8-9 Juli 2023.

Cycling de Jabar 2023 akan memulai titik start di Geopark Ciletuh dan titik finis di Pangandaran Sunset Park. 

Peserta akan melewati Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran.

Etape pertama sejauh 199,7 km dari Geopark Ciletuh dan finis di Ranca Buaya, Garut. Pebalap harus menyelesaikan etape pertama selama 11 jam.

Etape kedua sejauh 168,8 km, start dari Rancabuaya hingga finis akhir di Pangandaran Sunset Park, balapan etape kedua berlangsung 10 jam.

Baca juga: Cycling de Jabar 2023 Siap Digelar, Nyambungkeun Sumanget!

Ada empat kategori perlombaan yang dapat dimenangkan peserta lomba, di antaranya Men Elite, Woman Elite, Master A Non Atlet (30-40 tahun), dan B Non Atlet (41-50 tahun). 

Total hadiah yang bisa dimenangkan berjumlah Rp 324 juta, menyediakan 11 water station dan 2 feeding zone di sepanjang rute dilewati.

Setiap peserta akan dikenakan biaya Rp 2.500.000, pebalap akan difasilitasi race pack, mobil evakuasi, medis, shuttle keberangkatan-kepulangan (Jakarta dan Bandung) serta akomodasi penginapan selam tiga malam.

Pendaftaran Cycling de Jabar 2023 dibuka pada 4 Mei-4 Juni 2023. Akan ditutup apabila jumlah peserta sudah memenuhi kuota.

Peserta dapat mengambil race pack pada 7 Juli 2023 di Pantai Palangpang Geopark Ciletuh.

Baca juga: Pemprov Jabar dan Harian Kompas Kembali Gelar Cycling De Jabar 2023

Selain bisa mempromosikan potensi baik dari pesisir Jabar bagian Selatan, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap event balap sepeda kali ini bisa berkesan bagi peserta.

Kesan yang baik itu bisa menjadi penyambung lidah agar banyak orang bisa kembali mengunjungi objek wisata di pesisir-pesisir Jabar Selatan.

“Saya harap melalui pecinta sepeda, kita berkolaborasi untuk menceritakan kembali keindahan pemandangan alam Jawa Barat Selatan dari rute yang mereka lewati,” kata Uu.

“Potensi-potensi di sana bukan hanya tentang alamnya, tetapi hayati dan keberagaman budaya juga dapat dirasakan oleh mereka sehingga pengalaman ini menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi para pesepeda,” ucap Uu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com