Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Spesial Toprak di WSBK Mandalika 2023, Ada Nuansa Indonesia

Kompas.com - 04/03/2023, 11:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli menggunakan motor dengan livery spesial Indonesia pada World Superbike atau WSBK Mandalika 2023. 

Kejuaraan Dunia WSBK Mandalika 2023 telah berlangsung di Sirkuit Mandalika sejak Jumat (3/3/2023) dan akan berakhir pada Minggu (5/3/2023). 

Pata Yamaha menghadirkan desain livery spesial pada WSBK Mandalika 2023, yakni menampilkan kombinasi warna biru dengan bendera Indonesia yaitu merah dan putih. 

Selain itu, ada juga tulisan "Terima kasih Indonesia" di bagian bawah motor Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli. 

Manajer Yamaha Motor Europe Road Racing, Andrea Dosoli, mengatakan bahwa desain tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para penggemar di Indonesia. 

Baca juga: Hasil Superpole WSBK Mandalika 2023: Toprak Raih Pole Position

"Kami memberikan sesuatu yang spesial untuk penggemar dengan livery spesial ini di mana kami menampilkan bendera Indonesia, merah dan putih, yang cocok dengan desain motor ini," kata Dosoli, dilansir dari Antara News. 

"Kami mengucapkan terima kasih dengan (menempelkan tulisan) 'Terima kasih Indonesia' di bagian bawah motor. Ini adalah rasa terima kasih kepada penggemar di negara ini," ujar dia. 

Dosoli melanjutkan, livery tersebut berpadu sempurna dengan motor YZF-R1 terbaru yang akan menjadi tunggangan dua pebalap mereka pada WSBK 2023

Hal tersebut juga senada dengan euforia tim dan Toprak Razgatlioglu yang berhasil berdiri di podium tertinggi WSBK Mandalika musim lalu. 

Baca juga: Momen Mekanik Toprak Razgatlioglu Servis Sepeda Bocah Lokal

"Tahun lalu, Toprak memenangi balapan di sini. Kami termotivasi untuk mengulangi (kemenangan beruntun) itu lagi," ucapnya lagi. 

"Dengan performanya hari ini, saya merasa percaya diri (untuk balapan pada akhir pekan)," tutur Dosoli menambahkan. 

Ia menilai bahwa kehadiran penggemar balap motor yang begitu besar di Indonesia dapat memberikan motivasi pada genderasi muda untuk terlibat dalam kompetisi, baik sebagai teknisi atau pebalap. 

"Kami ingin membagikan nilai dari motorsport serta bisa memberikan dampak bagi anak-anak muda untuk menjadi generasi baru di dunia (balap) ini," kata Dosoli. 

Baca juga: WSBK 2023: Menanti Aksi Toprak Razgatlioglu, Sang Raja Mandalika

"Passion-nya terasa sekali di Indonesia, khususnya untuk motorsport. Motorsport seakan menjadi bagian dari penggemar Indonesia," kata dia. 

"Apa pun yang telah kami lakukan bertujuan untuk menyalurkan semangat dan nilai itu, serta memiliki peran yang fundamental," tutur Dosoli. 

Adapun Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli finis berurutan di posisi pertama dan kedua sesi superpole WSBK Mandalika 2023. 

Hasil ini memastikan Toprak akan mengisi posisi terdepan saat balapan pertama siang ini pukul 12.30 WIB dan Locatelli start dari urutan kedua. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com