Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalan Ronaldo di Al Nassr: Ditonton 3 Miliar Orang, Kalahkan Final Piala Dunia 2022

Kompas.com - 08/01/2023, 09:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Siaran televisi momen perkenalan Cristiano Ronaldo di Al Nassr kabarnya ditonton oleh 3 miliar orang. Jumlah penonton itu mengalahkan partai final Piala Dunia 2022 Qatar.

Cristiano Ronaldo resmi diperkenalkan Al Nassr di Stadion Mrsool Park di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, pada Selasa (3/1/2023).

Dilansir Marca, momen perkenalan Cristiano Ronaldo tersebut dihadiri langsung oleh 30.000 fans Al Nassr yang memadati Stadion Mrsool Park.

Tak hanya disaksikan oleh puluhan ribu pendukung Al Nassr yang hadir langsung di stadion, perkenalan Ronaldo juga disiarkan oleh 40 saluran televisi di seluruh dunia.

Baca juga: Resmi Diperkenalkan Al Nassr, Ronaldo Salah Sebut Main di Afrika Selatan

Jurnalis Pedro Sepulveda melaporkan, presentasi Cristiano Ronaldo sebagai pemain baru Al Nassr ditonton oleh 3 miliar orang melalui 40 channel televisi di seluruh dunia.

Jumlah itu mengalahkan siaran langsung final Piala Dunia 2022 Qatar di 40 saluran televisi yang sama.

Sepulveda menyebutkan, laga partai puncak Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Argentina dengan Perancis disaksikan oleh 2 miliar penonton.

Debut Tertunda

Kehadiran Cristiano Ronaldo memang memberikan dampak besar bagi Al Nassr.

Usai memboyong sang megabintang, pengikut akun resmi Instagram klub yang awalnya "hanya" ratusan ribu kini telah menembus jutaan.

Bahkan, setelah resmi memperkenalkan Ronaldo, situs resmi Al Nassr dikabarkan sempat lumpuh alias down karena tingginya akses.

Baca juga: Al Nassr Usai Boyong Ronaldo: Pengikut Instagram Jutaan, Situs Resmi Klub Down

Setelah diperkenalkan, CR7 dikabarkan bakal melakoni debut bagi Al Nassr pada laga kontra Al Taee, Sabtu (6/1/2023).

Akan tetapi, debut mantan pemain Manchester United itu harus tertunda.

Debut Ronaldo bersama Al Nassr tertunda karena pesepak bola 37 tahun itu tidak lepas dari hukuman Federasi Sepak Bola Inggris (FA) saat ia masih membela Man United.

Ronaldo dijatuhi hukuman larangan bermain dua laga oleh FA setelah kedapatan membanting telepon seluler milik fan Everton musim lalu.

Baca juga: Selamat Datang di Sepak Bola Asia, Cristiano Ronaldo!

Sesusai regulasi FIFA pasal 12.1, Ronaldo tetap harus menjalani hukuman tersebut meski sudah tidak lagi bermain di Premier League.

Diketahui, Cristiano Ronaldo mendapat kontrak senilai 200 juta euro atau sekitar Rp 3,3 triliun per tahun dari Al Nassr hingga 2025.

Nilai kontrak tersebut membuat Ronaldo kini menjadi pesepak bola dengan bayaran tertinggi dalam sejarah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com