Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Datang di Sepak Bola Asia, Cristiano Ronaldo!

Kompas.com - 04/01/2023, 12:00 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo telah meninggalkan gemerlap sepak bola Eropa. Kini, CR7 akan memulai petualangan baru di Asia.

Cristiano Ronaldo memilih Arab Saudi sebagai destinasi barunya selepas pergi dari Eropa. Al Nassr menjadi pilihan sang megabintang untuk melanjutkan karier di lapangan hijau.

Al Nassr dikabarkan mengikat Ronaldo hingga 2025 dengan nilai kontrak mencapai 200 juta euro atau sekitar Rp 3,3 triliun per tahun.

Kontrak fantastis itu membuat CR7 menjadi pemain dengan bayaran tertinggi dalam sejarah sepak bola.

Baca juga: 5 Pesepak Bola dengan Bayaran Tertinggi 2023, Ronaldo Nyaris 2 Kali Lipat Messi

Pro dan kontra mengiringi langkah Cristiano Ronaldo ke Arab Saudi.

Jamie Carragher menyebut keputusan Ronaldo pindah ke Asia sebagai akhir karier yang menyedihkan.

Carragher pun membandingkan pesepak bola 37 tahun itu dengan Lionel Messi.

"Akhir karier yang menyedihkan baginya. Ronaldo mengakhiri kariernya setelah wawancara dengan Piers Morgan, sedangkan Lionel Messi memenangi Piala Dunia 2022," kata mantan bek Liverpool tersebut, dikutip Daily Mail.

Di lain pihak, ada juga yang mendukung langkah Ronaldo yang meneruskan kiprah di luar Eropa.

"Untuk pesepak bola siapa pun di level apa pun, kebahagiaan dan lingkungan di mana Anda bermain itu adalah salah satu yang paling penting," kata mantan rekan setim CR7 di Manchester United, Rio Ferdinand.

"Dia tidak bahagia dalam beberapa waktu belakangan, jadi saya senang dia di ambang menemukan kebahagiaan itu lagi. Pergi ke tempat baru, walaupun di negara yang tidak disangka-sangka," imbuh eks personel timnas Inggris tersebut.

Baca juga: Cristiano Ronaldo di Al Nassr: Karier Eropa Usai, Cari Tantangan di Asia

Sudah Memenangi Segalanya di Eropa

Di balik cinta dan benci untuk dirinya, bagaimanapun juga Cristiano Ronaldo adalah pesepak bola hebat. Salah satu yang terhebat di muka bumi.

"Saya merasa sangat bahagia dan bangga karena saya membuat keputusan besar dalam kehidupan sepak bola saya," kata Ronaldo saat diperkenalkan Al Nassr sebagai rekrutan anyar, Selasa (3/1/2023).

"Saya telah menyelesaikan misi saya di Eropa secara baik dan mendapatkan segalanya. Sekarang saatnya untuk tantangan baru di Asia," tutur pria kelahiran Madeira itu.

Penyerang baru Al-Nassr Cristiano Ronaldo (tengah) dan istri Georgina Rodriguez serta anak-anaknya berdiri di atas panggung saat perkenalan di Stadion Mrsool Park di ibu kota Arab Saudi, Riyadh pada Selasa 3 Januari 2023.(Photo by AFP) Penyerang baru Al-Nassr Cristiano Ronaldo (tengah) dan istri Georgina Rodriguez serta anak-anaknya berdiri di atas panggung saat perkenalan di Stadion Mrsool Park di ibu kota Arab Saudi, Riyadh pada Selasa 3 Januari 2023.

Karier Cristiano Ronaldo di Eropa memang dipenuhi berbagai gelar bergengsi dan beragam rekor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com