Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
UNTUK NEGERI

Juara di Ajang Semarang 10K, Atlet Lari Nasional Binaan BIN Incar Medali Emas pada SEA Games 2023

Kompas.com - 20/12/2022, 13:31 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelari nasional binaan Persatuan Olahraga Badan Intelijen Nasional (PORBIN), Odekta Elvina Naibaho, berhasil menjuarai ajang Semarang 10K 2022 pada Minggu (18/12/2022).

Kemenangan itu merupakan kali kedua diraih Odekta di ajang tersebut. Sebelumnya, pelari yang tergabung dalam BIN Running Club ini menjuarai Semarang 10K pada 2019.

Setelah absen dua tahun karena pandemi Covid-19, Odekta mampu mempertajam rekor Semarang 10K kelas Open Female dari 36 menit 49 detik pada 2019 menjadi 35 menit 05 detik.

Atas kemenangan tersebut, Odekta pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukungnya. Salah satunya adalah Badan Intelijen Negara (BIN).

“Saya beruntung karena terus mendapatkan dukungan dari lembaga saya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, pengurus BIN Running Club, pelatih, dan teman-teman sesama atlet. Mereka sangat mendukung,” ujar Odekta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (20/12/2022).

Prestasi yang diraih Odekta pada ajang Semarang 10K menambah daftar juara yang ia raih sepanjang 2022. Sebelumnya, personel Deputi-II BIN tersebut telah menjuarai Jakarta Marathon 2022, Multatuli Marathon 2022, serta Thailand Open Track and Field Championship 2022.

“Catatan prestasi yang berhasil diraih sepanjang 2022 jadi modal besar bagi saya untuk kembali meraih medali emas pada ajang SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja. Persiapan ke Kamboja on track,” kata Odekta.

Baca juga: Petenis Kembar Binaan BIN Kembali Raih Juara pada Turnamen Tenis Nasional

Sebagai informasi, sejak didirikan oleh BIN pada Kamis (27/10/2022), PORBIN gencar menyiapkan banyak atlet untuk menghadapi berbagai event internasional. Odekta merupakan salah satu atlet yang tengah disiapkan. Semua atlet profesional yang bergabung di PORBIN mendapatkan berbagai fasilitas dan dukungan.

Budi Gunawan mengatakan, pada tahun ini, BIN melalui PORBIN mulai memberikan perhatian khusus pada pengembangan prestasi olahraga Tanah Air. PORBIN membina personel BIN serta taruna dan taruni Sekolah Intelijen Negara yang berbakat di bidang olahraga.

“(Dengan demikian, mereka) dapat terus meningkatkan prestasinya di tingkat nasional, bahkan internasional, sebagai patriot yang membawa nama baik bangsa,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com