Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Sang Juara soal Borobudur Marathon 2022: Asyik, Keramahan Warga Jadi Penyemangat

Kompas.com - 14/11/2022, 09:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Khairullah, Borobudur Marathon 2022 adalah ajang yang sangat berbeda dibanding lomba-lomba lari lainnya. Selama berlomba, keramahan warga sekitar rute menjadi penyemangat bagi pelari asal Padang, Sumatera Barat, tersebut.

Khairullah tampil sebagai juara lomba Tilik Candi Borobudur Marathon 2022 yang digelar pada Minggu (13/11/2022) dengan titik start dan finis di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Adapun Tilik Candi merupakan kategori lomba half marathon (21,097 km)yang diikuti oleh 4.552 pelari umum.

Sebelumnya, dua kategori Borobudur Marathon 2022 yakni Elite Race (full marathon) dan Young Talent (10K) telah dilangsungkan pada Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Hasil Tilik Candi Borobudur Marathon 2022: 1 Rekor Pecah, Hadiah Rp 27 Juta Menanti

Khairullah menjadi pelari putra pertama yang masuk finis dalam lomba Tilik Candi Borobudur Marathon 2022 dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 2 detik.

Sementara itu, podium kedua menjadi milik Irwandi Fokatea ( 1 jam 19 menit 29 detik) dan podium ketiga diraih oleh Wartono (1 jam 20 menit 33 detik).

Bagi Khairullah, gelar juara Tilik Candi semakin terasa spesial karena ini menjadi penampilan perdananya di Borobudur Marathon.

"Iya, ini yang pertama," kata Khairullah kepada awak media termasuk Kompas.com.

Baca juga: Borobudur Marathon 2022: Pesan Sang Juara Elite Race untuk Pelari Muda

Menurut Khairullah, ikut lomba Borobudur Marathon 2022 adalah pengalaman sangat berkesan lantaran ajang ini berbeda dengan kompetisi-kompetisi lari lainnya.

Salah satu ciri khas Borobudur Marathona adalah keberadaan masyarakat sekitar rute yang ikut memberikan dukungan dan berinteraksi langsung dengan para pelari.

Tak hanya itu, pelari juga dihadapkan pada rute yang menantang dengan pesona keindahan alam di sekitar kawasan Candi Borobudur.

"Sangat memuaskan, asyik, ditambah rutenya yang selalu menggembirakan. Saat jalan ada masyarakat yang selalu memberikan semangat," ungkap Khairullah.

"Saat di kilometer 17, kami kan sudah capek, ada orang (yang berteriak) 'Semangat semangat!', jadi semangat kami naik lagi," tutut Khairullah.

Baca juga: Borobudur Marathon 2022: Mengejar Prestasi, Menyebarkan Semangat untuk Indonesia Bangkit

Sementara itu, untuk kategori putri Tilik Candi Borobudur Marathon 2022, podium pertama diraih oleh Ai Kusniati dengan catatan waktu 1 jam 30 menit.

Hasil tersebut juga membuat Ai memecahkan rekor Tilik Candi tahun lalu atas nama Chandra Dewi dengan 1 jam 49 menit.

Ai pun berhak membawa pulang hadiah podium pertama sebesar Rp 15 juta plus bonus tambahan dari komite Borobudur Marathon sebesar Rp 27 juta.

Adapun podium kedua Women's Tilik Candi Borobudur Marathon 2022 menjadi milik Yulia (1 jam 41 menit) dan podium ketiga diraih oleh Risa Wijayanti (1 jam 42 menit).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com