Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Berakhir?

Kompas.com - 13/10/2022, 14:40 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Shin Tae-yong menyampaikan bahwa ia siap meninggalkan timnas Indonesia jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mundur. Di lain sisi, STY masih memiliki sisa kontrak satu tahun sebagai pelatih skuad Garuda.

Nama Shin Tae-yong menjadi pusat pembicaraan penggemar sepak bola Tanah Air setelah ia mengatakan siap mundur dari posisi pelatih timnas Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Shin Tae-yong melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Rabu (12/10/2022) malam WIB.

Pernyataan tersebut disampaikan Shin Tae-yong di tengah desakan mundur kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," demikian salah satu kalimat yang ditulis STY dalam unggahannya.

Baca juga: Shin Tae-yong: Jika Ketum PSSI Mundur, Saya Juga Mundur

Sisakan Satu Tahun Kontrak di Timnas Indonesia

Shin Tae-yong secara resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Indonesia oleh PSSI pada 28 Desember 2019.

Mantan pembesut timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menggantikan pelatih asal Skotlandia, Simon McMenemy, yang dipecat PSSI.

Oleh PSSI, Shin Tae-yong diberi kontrak jangka panjang yakni selama empat tahun.

Selain menjadi pelatih kepala untuk timnas Indonesia senior, STY juga diberi tugas menangani skuad Garuda junior yaitu U19 dan U23.

Baca juga: Pernyataan Lengkap Shin Tae-yong soal Tinggalkan Timnas jika Ketum PSSI Mundur

Di bawah komando Shin Tae-yong, timnas Indonesia senior berhasil melaju ke final Piala AFF 2020 dan lolos ke Piala Asia 2023.

Sementara itu, timnas U20 juga sukses meraih tiket ke Piala Asia U20 yang akan diselenggarakan di Uzbekistan tahun depan.

Pencapaian tersebut diukir menjelang satu tahun sisa kontrak STY bersama timnas Indonesia.

Adapun kontrak juru taktik berusia 52 tahun tersebut bakal berakhir tahun depan, tepatnya pada 31 Desember 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Manajer Sumardji menyapa penonton saat pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Manajer Sumardji menyapa penonton saat pertandingan Kualifikasi Piala Asia U20 2023 melawan Vietnam yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

PSSI Berniat Perpanjang Kontrak STY

Selepas timnas Indonesia bertanding melawan Curacao pada jeda internasional akhir bulan lalu, Ketua Umum PSSI menyampaikan keinginannya untuk memperpanjang kontrak STY.

Menurut Mochamad Iriawan, tren performa timnas Indonesia berbagai jenjang terus meningkat pada era kepelatihan Shin Tae-yong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com