Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil US Open 2022: Rafael Nadal Tersingkir, Dominasi "Big Three" Bakal Berakhir

Kompas.com - 06/09/2022, 12:23 WIB
Ahmad Zilky,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal, dipastikan tersingkir dari US Open 2022 seusai dibekuk oleh Frances Tiafoe.

Adapun pertandingan yang mempertemukan Rafael Nadal vs Frances Tiafoe digelar di Arthur Ashe Stadium, New York, Selasa (6/9/2022).

Rafael Nadal, yang menjuarai US Open sebanyak empat kali, dikalahkan Frances Tiafoe dengan skor 4-6, 6-4, 4-6, 3-6 dalam babak 16 besar.

Kemenangan ini membuat Tiafoe berhasil membuat kejutan. Ya, ia tampil memukau hingga membuat Nadal mengalami kekalahan paling awal di US Open sejak 2016.

Baca juga: Getir Rafael Nadal dalam Momen Kembali di Cincinnati Masters 2022

Ini menjadi kali pertama sejak 2003 setidaknya satu nama-nama besar di dunia tenis seperti Serena Williams, Rafael Nadal, Roger Federer dan Novak Djokovic tidak tampil di perempat final turnamen Grand Slam.

Adapun Serena Williams dan Novak Djokovic juga sudah tersingkir dari US Open, sedangkan Roger Federer absen dalam turnamen ini.

Oleh sebab itu, Tiafoe meyakini bahwa petenis seperti dia, Nick Kyrgios, Carlos Alcaraz, dan Jannik Sinner siap untuk mengambil alih dominasi “big three”.

“Senang bisa melihat era baru,” ucap Tiafoe kepada AFP, dilansir Kompas.com dari Antara.

“Saya pikir Nick bermain tenis hebat, sangat bagus untuk tenis. Anda melihatnya, penonton memadati stadion ketika dia bermain tunggal, ganda, atau apa pun,” tambah dia.

Baca juga: Wimbledon 2022: Cedera Otot Perut, Nadal Ragu Tampil di Semifinal

“Alcaraz mempunyai pribadi yang hebar. Sinner juga. Saya sendiri. Orang-orang mendukung saya,” katanya lagi.

“Anda tahu orang-orang Amerika, Tommy Paul, Taylor Fritzz. Ada banyak orang yang bermain dengan bagus.”

Oleh sebab itu, Tiafoe mengatakan bahwa meratanya kualitas petenis era saat ini membuat julukan “big three” bakal hilang.

“Saya tidak berpikir itu akan menjadi tiga besar. Ini akan seperti 12 orang. Ada banyak pemain yang bermain tenis dengan hebat,” kata dia.

Baca juga: Wimbledon 2022: Nadal Tetap di Jalur Pertajam Rekor Grand Slam

“Itu bagus. Pasti Anda punya seseorang yang Anda dukung untuk berada di puncak. Itu akan terjadi. Kita lihat siapa petenis itu nantinya,” lanjutnya.

Harus diakui, big three menguasai arena tenis dunia dalam beberapa dekade terakhir. Novak Djokovic, Rafael Nadal dan Roger Federer secara bergantian meraih gelar juara major.

Ini yang membuat tiga petenis veteran itu mendapat sebutan the big three. 

Seiring bertambahnya usia dan munculnya para petenis muda berbakat, pernyataan Tiafoe ini mendekati kenyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com