Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Penyelenggara Olimpiade Los Angeles 2028

Kompas.com - 19/07/2022, 23:43 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Reuters

 

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Penyelenggara, LA28 Games, mengumumkan pada Senin (18/7/2022), info terkini perhelatan Olimpiade Los Angeles.

Upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2028 di Los Angeles akan diadakan pada 14 Juli dan Olimpiade akan berakhir pada 30 Juli.

Sementara itu, Paralimpiade Los Angeles 2028 akan dimulai pada 15 Agustus dan ditutup pada 27 Agustus.

"Hari ini menandai hitungan mundur resmi untuk Olimpiade dan Paralimpiade LA28," kata peraih medali Olimpiade lima kali dan kepala atlet LA28 Janet Evans.

LA28 Games menyebut, Olimpiade Los Angeles tidak akan seperti yang lain.

Baca juga: Ini Jadwal Paralimpiade Los Angeles 2028

Penyelenggara menampilkan yang terbaik dari stadion luar biasa California Selatan dan budaya kelas dunia kepada para atlet dan penggemar.

"Tonggak sejarah ini membuat Olimpiade menjadi nyata bagi setiap atlet yang secara aktif berlatih untuk impian LA28 mereka dan para penggemar yang mengikuti perjalanan ini," kata pernyataan LA28 Games.

Baca juga: Ini Jadwal Olimpiade Los Angeles 2028

LA28 Games akan menandai ketiga kalinya Olimpiade diadakan di kota California Selatan setelah sebelumnya pada tahun 1932 dan 1984.

Kendati demikian, hal ini akan menjadi pertama kalinya LA menjadi tuan rumah Paralympic Games.

Penyelenggara mengatakan bahwa penggunaan stadion yang ada serta asrama perguruan tinggi untuk menampung atlet dan media akan membantu menekan biaya dan mengurangi dampak lingkungan.

"LA adalah kota ambisius dengan kemungkinan tak terbatas dan Olimpiade akan mencerminkan komunitas kami," kata ketua LA28 Casey Wasserman.

"Los Angeles akan memberikan latar belakang yang sempurna untuk menjadi tuan rumah acara budaya, olahraga, dan hiburan terbesar di dunia," imbuhnya.

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach mengatakan bahwa dia terkesan dengan kemajuan dan kreativitas penyelenggara, termasuk investasi LA28 sebesar 160 juta dollar AS untuk mendukung olahraga pemuda di Los Angeles.

"Enam tahun sebelum upacara pembukaan Olimpiade Los Angeles 2028, ini sudah merupakan warisan Olimpiade yang signifikan, membuat perbedaan dalam kehidupan lebih dari seratus ribu anak," kata Bach.

"Ini akan membantu membawa penggemar baru ke olahraga Olimpiade dan meninggalkan warisan olahraga untuk generasi mendatang," pungkas Thomas Bach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com