Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Titik Lemah Timnas U19 Indonesia Usai Bermain Imbang dengan Vietnam

Kompas.com - 03/07/2022, 11:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Zing

KOMPAS.com - Pelatih Vietnam, Dinh The Nam, mengungkap sejumlah titik lemah timnas U19 Indonesia usai kedua tim bermain imbang pada laga perdana fase grup Piala AFF U19 2022.

Indonesia selaku tuan rumah Piala AFF U19 2022 menghuni Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Timnas U19 Indonesia besutan Shin Tae-yong mengawali kiprah di Piala AFF U19 2022 dengan berjumpa Vietnam pada matchday pertama Grup A.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Sabtu (2/7/2022) malam WIB, skuad Garuda Nusantara harus puas dengan hasil imbang 0-0 kontra Vietnam.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Vs Vietnam: Shin Tae-yong Kritik Penyelesaian Akhir Garuda Nusantara

Soal hasil Piala AFF U19 2022 melawan Vietnam tersebut, Shin Tae-yong mengatakan bahwa pertandingan pertama selalu sulit.

Di lain sisi, juru taktik asal Korea Selatan itu juga menyebut anak asuhnya sudah berupaya memberikan penampilan maksimal.

"Para pemain Indonesia sudah bekerja keras, begitu juga Vietnam. Oleh karena itu, banyak pemain yang kram," ungkap Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers usai laga.

"Pertandingan pertama di turnamen biasanya sulit, tetapi penampilan dari pemain saya bisa dikatakan bagus," ucap STY menambahkan.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Vs Vietnam, Shin Tae-yong: Petasan seperti Itu Mengurangi Fokus

Dari kubu lawan, Dinh The Nam menyebut ada sejumlah titik lemah yang ada pada skuad timnas U19 Indonesia saat menghadapi Vietnam.

Salah satu kekurangan skuad STY menurut Dinh The Nam adalah kualitas umpan mereka.

"Pentingnya pertandingan pertama dan tekanan penonton membuat pemain Indonesia mengalami tekanan psikologis," ungkap Dinh The Nam, dikutip dari Zing News.

"Mereka memiliki lebih banyak peluang daripada Vietnam, tetapi mereka sering gagal mengoper atau menguasainya secara buruk dalam pertandingan, saat momen menentukan," imbuh Dinh The Nam.

Baca juga: Piala AFF U19 2022, Marselino Bicara Brunei: Kalah 0-7, tapi Saya Sampaikan...

Soal imbang tanpa gol kontra Indonesia, Dinh The Nam menyatakan puas dengan hasil tersebut.

"Vietnam U19 juga memiliki peluang yang jelas dan saya puas dengan hasil ini," ujar Dinh The Nam menegaskan.

Adapun, posisi puncak klasemen Piala AFF U19 2022 Grup A kini dikuasai oleh Myanmar yang melumat Brunei Darussalam 7-0 pada laga pembuka.

Kemudian di peringkat kedua ada Thailand yang pada pertandingan lainnya meraih kemenangan tipis 1-0 atas Filipina.

Vietnam dan Indonesia yang meraup satu poin usai bermain imbang secara berurutan menempati peringkat ketiga dan empat.

Sementara itu, Filipina berada di peringkat kelima, sedangkan Brunei terdampar di posisi juru kunci klasemen Piala AFF U19 2022 Grup A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Zing
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com