Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Bakal Luncurkan Fan Token, Apa Manfaatnya bagi Bobotoh?

Kompas.com - 08/06/2022, 19:10 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Klub peserta Liga 1, Persib Bandung, bakal meluncurkan fan token kepada para pendukungnya setelah menjalin kerja sama dengan platform fans engagement berbasis teknologi blockchain, Socios.com.

Persib mengumumkan kemitraan itu pada Rabu (8/6/2022). Dengan kerja sama ini, Maung Bandung bergabung dengan sejumlah klub top dunia seperti FC Barcelona dan Manchester City yang sudah berada di dalam platform tersebut.

Adapun, Persib menjadi klub Indonesia pertama yang bergabung dengan platform tersebut.

Melalui kemitraan tersebut, Persib akan meluncurkan fan token kepada seluruh pendukungnya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bobotoh.

Baca juga: Jadwal Persib di Piala Presiden 2022, Lawan 3 Tim Elite di Grup Neraka

"Persib adalah klub sepak bola profesional yang sangat terbuka dan tentunya sangat mendukung berbagai inovasi dan teknologi terbaru," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono.

"Bersama Socios.com, kami percaya dapat menawarkan peluang baru bagi seluruh basis pendukung Persib, Bobotoh, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia untuk terlibat lebih dalam, lebih dekat dan menjadi yang terdepan bersama klub kebanggaannya, Persib," ungkap Teddy.

Lantas, apa manfaat fan token yang akan diluncurkan Persib bagi Bobotoh?

Baca juga: Lewat Persib Goes to School, Maung Bandung Berbagi Ilmu Sepak Bola ke Anak-Anak

Bagi komunitas pemegang fan token Persib, hal ini dapat memungkinkan mereka untuk terlibat memengaruhi keputusan klub yang diambil dari suara pendukung tentang berbagai hal, mulai dari desain jersey, pemilihan nomor punggung, hingga lagu saat tim merayakan kemenangan.

Selain itu, pemegang fan token Persib juga merasakan reward lainnya, misal digital asset serta merchandise dan jersey yang dikenakan pemain.

Bobotoh Persib saat menyaksikan salah satu pertandingan Persib Bandung pada Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA Bobotoh Persib saat menyaksikan salah satu pertandingan Persib Bandung pada Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung. (KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHA)

"Persib fan token akan menjadi sebuah media dan instrumen yang efektif bagi kami karena dapat menjangkau banyak basis pendukung digital global kami yang jumlahnya lebih dari 20 juta, menjadi lebih dekat dengan klub kebanggaannya," tutur Teddy Tjahjono.

Sementara itu, Alexandre Dreyfus selaku CEO Chiliz & Socios.com mengatakan bahwa sangat senang bisa bermitra dengan Persib.

Baca juga: Jadwal Piala Presiden 2022, Persib Bandung Vs Bali United Buka Grup C

Dreyfus menuturkan, kemitraan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Bobotoh dengan klub kesayangan mereka, Persib Bandung.

"Kami senang memasuki market yang baru, di mana ada hasrat besar untuk sepak bola tingkat domestik dan cinta untuk permainan global," ucap Alexandre Dreyfus.

"Sambutan yang sangat hangat dari kami untuk Persib. Kami berharap dapat menciptakan pengalaman luar biasa dan peluang baru bagi seluruh Bobotoh agar lebih dekat dengan klub kebanggaannya," kata Dreyfus mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com